Penggunaan Media You Tube Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar sebaiknya mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang saat ini. Guru dibekali berbagai media belajar yang bervariasi, sehingga siswa mampu menyerap semua informasi yang disampiakan guru. Media pembelajarna you tube dapat menjadi piliha media yang efektif. Peneltiian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Responden sebanak 10 orang. Data diambil dengna wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media you tube dapat menjadi media yang efektif jika dipersiapkan dengan baik. Proses belajar diawali dengan menonton dan mengamati you tube dan diteruskan dengan proses interaktif anatar guru ke siswa dan antar siswa. Kendala yang timbul dalam pembelejaran, ketika pernagkat yang digunakan mengalami gangguan. Guru memerlukan waktu yan glebih dalam mempersiapkan materi dan perangkat pembelajaran. Pihak sekolah sebaiknya dapat melengkapi saran dan prasarana media pembelajaran secara bertahap.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amelia, D. (2021). Upaya peningkatan kosakata bahasa inggris melalui storytelling slide and sound. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (Jsstcs), 2(1), 22. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.948
Dwiqi, G., Sudatha, I., & Sukmana, A. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ipa untuk siswa sd kelas v. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Fitriani, L., Fatimah, D., & Novitasari, S. (2022). Perancangan media pembelajaran interaktif pengenalan bahasa inggris untuk pendidikan anak usia dini (paud) berbasis android. Jurnal Algoritma, 19(2), 537-546. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1140
Iryani, E. (2022). Penerapan media snack video dalam meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa bahasa inggris. Research and Development Journal of Education, 8(2), 491. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12976
Iswindarti, I., Rufii, R., & Hartono, H. (2021). Pengaruh penerapan metode learning by conversation dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mata pelajaran bahasa inggris. Jurnal Pembangunan Pendidikan Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 116-125. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.38823
Karlina, T. (2022). Pengaruh motivasi belajar dan penguasaan tata bahasa terhadap prestasi belajar bahasa inggris (survey pada smk swasta di cirebon). Jurnal Impresi Indonesia, 1(6), 574-580. https://doi.org/10.36418/jii.v1i6.84
Marina, M., Rasyimah, R., Sari, D., & Kurniawati, K. (2023). Pengayaan kosa kata bahasa inggris untuk pelajar usia muda menggunakan metode total physical response (tpr). Share Sharing - Action - Reflection, 9(1), 7-13. https://doi.org/10.9744/share.9.1.7-13
Milennia, R. and Arini, N. (2022). Pengembangan media vebo (verb board) untuk meningkatkan kosakata siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 623-630. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2514
Muhammad, A. and Adila, F. (2021). Pengembangan chatbot percakapan bahasa inggris menggunakan dialogflow. Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 25-37. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1821
Nuriyanti, W., Nurisman, H., Widiarto, T., Sutina, S., Fiyanto, A., Kusuma, A. M., ... & Umarella, M. I. S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Cooperative dan Platform You Tube Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Pada SMA Alikhlas Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 780-785.
Purnaningsih, P. (2017). Strategi pemanfaatan media audio visual untuk peningkatan hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 34. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1503
Saputri, N. L., Widiyarto, S., Nugroho, N., & Hadi, I. (2022). Penyuluhan Digital Untuk SMP YWKA 2. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 96-102.
Sumesari, N. and Suartama, I. (2022). Multimedia pembelajaran pada mata pelajaran bahasa inggris. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 244-252. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44354
Widiyarto, S. (2022). English for Economic: Text, Vocabulary, and Structure. https://repository.penerbiteureka.com/id/publications/558949/english-for-economic-text-vocabulary-and-structure
Widiyarto, S. (2023). Learning To Write Explanatory Text Using The Picture-To-Picture Method For Students Of Mts Nurul Hikmah Bekasi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 7(2), 314-322.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i2.4469
Article Metrics
Abstract view : 187 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 731 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.