Penggunaan Media You Tube Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar

Ahmad Bakhtiar, Sigit Widiyarto, Lidya Natalia Sartono, Isroyati Isroyati, Lusiana Wulansari, Luluk Setyowati

Abstract


Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar sebaiknya mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang saat ini. Guru dibekali berbagai media belajar yang bervariasi, sehingga siswa mampu menyerap semua informasi yang disampiakan guru. Media pembelajarna you tube dapat menjadi piliha media yang efektif. Peneltiian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Responden sebanak 10 orang. Data diambil dengna wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media you tube dapat menjadi media yang efektif jika dipersiapkan dengan baik. Proses belajar diawali dengan menonton dan mengamati you tube dan diteruskan dengan proses interaktif anatar guru ke siswa dan antar siswa. Kendala yang timbul dalam pembelejaran, ketika pernagkat yang digunakan mengalami gangguan. Guru  memerlukan waktu yan glebih dalam mempersiapkan materi dan perangkat pembelajaran. Pihak sekolah sebaiknya dapat melengkapi saran dan prasarana media pembelajaran secara bertahap.


Keywords


media, you tube, bahasa Inggris

References


Amelia, D. (2021). Upaya peningkatan kosakata bahasa inggris melalui storytelling slide and sound. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (Jsstcs), 2(1), 22. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.948

Dwiqi, G., Sudatha, I., & Sukmana, A. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ipa untuk siswa sd kelas v. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Fitriani, L., Fatimah, D., & Novitasari, S. (2022). Perancangan media pembelajaran interaktif pengenalan bahasa inggris untuk pendidikan anak usia dini (paud) berbasis android. Jurnal Algoritma, 19(2), 537-546. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1140

Iryani, E. (2022). Penerapan media snack video dalam meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa bahasa inggris. Research and Development Journal of Education, 8(2), 491. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12976

Iswindarti, I., Rufii, R., & Hartono, H. (2021). Pengaruh penerapan metode learning by conversation dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mata pelajaran bahasa inggris. Jurnal Pembangunan Pendidikan Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 116-125. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.38823

Karlina, T. (2022). Pengaruh motivasi belajar dan penguasaan tata bahasa terhadap prestasi belajar bahasa inggris (survey pada smk swasta di cirebon). Jurnal Impresi Indonesia, 1(6), 574-580. https://doi.org/10.36418/jii.v1i6.84

Marina, M., Rasyimah, R., Sari, D., & Kurniawati, K. (2023). Pengayaan kosa kata bahasa inggris untuk pelajar usia muda menggunakan metode total physical response (tpr). Share Sharing - Action - Reflection, 9(1), 7-13. https://doi.org/10.9744/share.9.1.7-13

Milennia, R. and Arini, N. (2022). Pengembangan media vebo (verb board) untuk meningkatkan kosakata siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 623-630. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2514

Muhammad, A. and Adila, F. (2021). Pengembangan chatbot percakapan bahasa inggris menggunakan dialogflow. Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 25-37. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1821

Nuriyanti, W., Nurisman, H., Widiarto, T., Sutina, S., Fiyanto, A., Kusuma, A. M., ... & Umarella, M. I. S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Cooperative dan Platform You Tube Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Pada SMA Alikhlas Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 780-785.

Purnaningsih, P. (2017). Strategi pemanfaatan media audio visual untuk peningkatan hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 34. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1503

Saputri, N. L., Widiyarto, S., Nugroho, N., & Hadi, I. (2022). Penyuluhan Digital Untuk SMP YWKA 2. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 96-102.

Sumesari, N. and Suartama, I. (2022). Multimedia pembelajaran pada mata pelajaran bahasa inggris. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 244-252. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44354

Widiyarto, S. (2022). English for Economic: Text, Vocabulary, and Structure. https://repository.penerbiteureka.com/id/publications/558949/english-for-economic-text-vocabulary-and-structure

Widiyarto, S. (2023). Learning To Write Explanatory Text Using The Picture-To-Picture Method For Students Of Mts Nurul Hikmah Bekasi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 7(2), 314-322.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i2.4469

Article Metrics

Abstract view : 187 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 731 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.