PENGARUH PERSEDIAAN BARANG DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. EVERBRIGHT DI MEDAN

Septyan Nanda Simanjuntak, Ngatno Sahputra, Al Firah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persediaan barang dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada PT. Everbright Medan. Populasi dan sample penelitian ini adalah semua data persediaan, saluran distribusi, dan volume penjualan terhitung tahun 2018 - 2022. Uji t variabel persediaan barang memiliki nilai thitung > ttabel (3,733 > 1,679) secara parsial ada pengaruh signifikan antara persediaan barang terhadap volume penjualan berarti Ha diterima (Ho ditolak). Variabel saluran distribusi memiliki nilai thitung > ttabel (3,149 > 1,679) secara parsial ada pengaruh signifikan antara saluran distribusi terhadap volume penjualan berarti Ha diterima (Ho ditolak). Uji F diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel (33,138 > 3,204) secara simultan ada pengaruh signifikan antara persediaan barang dan saluran distribusi terhadap volume penjualan. Berarti adanya hubungan searah dan nyata antara variabel bebas (persediaan barang dan saluran distribusi) terhadap variabel terikat (volume penjualan) secara bersamaan atau dengan kata lain, jika persediaan barang dan saluran distribusi ditingkatkan maka secara bersama-sama dapat pula meningkatkan volume penjualan.

Keywords


Persediaan Barang, Saluran Distribusi dan Volume Penjualan

References


Heizer, Jay., & Render, Barry. (2015), Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (11th ed). Salemba Empat.

Herjanto, Eddy, 2015, Manajemen Operasi, Jakarta: Grasindo

Jacobs, F. Robert dan Chase, Richard B. 2016, Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan (terjemahan Liza Nurbani), Jakarta: Jakarta

Kotler, Plilip. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Effendi, Usman. 2016. Psikologi Konsumen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tjiptono, Fandy. 2014, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.

Soemohadwidjojo, Arini, T. 2017. KPI Key Performanve Indicator untuk Perusahaan Industri. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Suprapto, Rifqi dan Zaky Wahyuddin Azizi. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Ponorogo: Myria Publisher.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i2.4441

Article Metrics

Abstract view : 165 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.