PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. DENTA SUMUT DI BINJAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT. Denta Sumut di Binjai. Populasi penelitian ini sebanyak 150 konsumen dan dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 60 orang. Uji t variabel kualitas produk memiliki nilai thitung > ttabel (2,433 > 1,671), secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen berarti produk belum sesuai harapan konsumen, cacat pada saat sampai ke tangan konsumen, serta pelayanan yang diberikan belum maksimal. Uji t variabel harga memiliki nilai thitung > ttabel (-4,244 > 1,671), secara parsial harga berpengaruh negatif dan tidak siginifkan terhadap kepuasan konsumen berarti harga jual yang dipersepsikan konsumen belum sesuai dengan kualitas barang dan relatif kurang terjangkau. Hasil uji F memperoleh Fhitung > dari Ftabel (5,505 > 3,156), secara simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel kualitas produk (X1) dan harga (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) PT. Denta Sumut. Kualitas suatu produk dan harga memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan konsumen untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan, dalam jangka panjang, ikatan seperti ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan pelanggan. Hasil Uji Determinasi menunjukkan nilai R2 sebesar 0,539, variabel kualitas produk dan harga dapat menjelaskan 53,9% variasi kepuasan konsumen dan sisanya 45,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adhari, Iendy Zelviiean, 2021, Kepuasan Pelanggan dan Pemcapaian Brand Trust, Penerbit Qiara Media, Pasuruan.
Daga, Rosnaini, 2017, Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan, Penerbit Global Reserch And Consulting Intitute. Romang Polang, Gowa.
Effendi, Usman, 2021, Implikasi Iklan Brosur, Kualitas Produk dan Citra Merek, Penerbit Yayasan Barcode, Makasar.
Firmansyah, M. Anang, 2019, Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Strategy), Penerbit Qiara Meida, Pasuruan.
Hamdat, Aminuddin, dkk., 2020, Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen : Prinsip Dasar, Strategi dan Implementasi, Penerbit Diandra Primamitra Media, Yogyakarta.
Haque, Marissa Grace, dkk., 2022, Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan
Meithiana, Indrasari, 2019, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Penerbit Unitomo press, Surabaya.
Putri, Budi Rahayu Tanama, 2017, Manajemen Pemasaran, Fakultas Perternakan Universitas Udayana, Denpasar.
Zusrony, Edwin, 2019, Perilaku Konsumen di Era Modren, Penerbit Yayasan Prima Agung Teknik, Semarang.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i2.4440
Article Metrics
Abstract view : 155 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 74 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.