MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI NO. 071078 HILIWETO GIDO

Mesrayati Mendrofa

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas VI SD Negeri No. 071078 Hiliweto Gido. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan yaitu mulai bulan Oktober hingga Desember 2018. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan II, dimana masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri No. 071078 Hilliweto Gido tahun ajaran 2017/2018. Hal itu terbukti dengan meningkatnya hasil hasil belajar siswa setelah penelitian ini dilaksanakan. Sebelum penelitian ini dilaksanakan, prestasi belajar siswa tergolong rendah dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas VI sebesar 62,20 dengan persentase ketuntasan 54,60%. Setelah penelitian ini dilaksanakan, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa kelas VI hingga mencapai 70,80 dengan persentase ketuntasan 78,40%.
Kata kunci : prestasi belajar, model pembelajaran dan jigsaw




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i61.442

Article Metrics

Abstract view : 183 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Warta Dharmawangsa



Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.