PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PENGGUNAAN ALAT UKUR MULTIMETER PADA KELAS X TITL 1 SMK NEGERI 5 MEDAN TP. 2015/2016

Jan Slamat

Abstract


Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan juga hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penggunaan metode demonstrasi pada pokok bahasan penggunaan alat ukur multimeter pada kelas X TITL 1 SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode demonstrasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 5 Medan yang berjumlah 31 siswa, dan semuanya terdiri dari laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik presentase daya serap individual dan ketuntasan klasikal yaitu secara individual minimal 65% dan secara klasikal 85%.
Adapun peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil yang dicapai dari kegiatan mengerjakan (menjawab) latihan-latihan tersebut dengan baik, berdasarkan data dan pengamatan guru/peneliti, hasil pengisian instrument hasil belajar diperoleh dari 31 siswa maka 21 siswa tuntas sedangkan 10 siswa tidak tuntas pada siklus 1 dan di siklus 2 dari 31 siswa semunya tuntas. Dan saran untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran produktif di kelas dapat diatasi dengan menggunakan metode demonstrasi. Adapun sarannya (1) Untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran penggunaan alat ukur multimeter di kelas dapat diatasi dengan menggunakan metode demonstrasi. (2) Guru senantiasa berinovasi dalam proses pembelajaran sehingga menumbuhkembangkan kreativitas siswa dalam belajar.(3) Guru di SMK Negeri 5 Medan senantiasa menciptakan susasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa agar tercapai hasil belajar yang maksimal.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i60.419

Article Metrics

Abstract view : 688 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 903 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.