KESENJANGAN PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN CONVENTIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PANCASILA DI PROGRAM STUDI TEKNIKA AKADEMI MARITIM INDONESIA – MEDAN

Maria Magdalena

Abstract


Pemilihan dan Implementasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru atapun dosen, sangat signifikan dalam pencapaian tujuan dari pembelajaran suatu mata pelajaran atau mata kuliah tersebut. Pembelajaran pancasila secara umum sebagai pedoman dalam kehidupan, memperkuat, mempermantap dan mengembangkan penghayatan, pembudayaan dan pengamalannya dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat. Walaupun BP-7 sudah dibubarkan, namun Pancasila tetap dipelajari, ditegakkan dan dipedomani dan menjadi penangkal perbuatan yang tidak terpuji ditengah-tengah masyarakat. Kita lihat masih banyak sarjana lulusan perdidikan tinggi yang telah mempelajari pancasila dan dinyatakan lulus mata kuliah Pancasila oleh dosen, ternyata setelah bekerja ada yang masih terpaut sikap yang tidak terpuji atau tidak pancasilais, itu sebenarnya tergantung pada pribadi masing-masing dalam mengamalkan sila-sila pancasila itu, dan sebagai dosen senantiasa mencari solusi pada fenomena penyelewengan tersebut, termasuk memilih mode pembelajaran pancasila pada penyajian kepada mahasiswa. Peneliti menggunakan metode penelitian sederhana deskritif dengan mengamati hasil akhir belajar mahasiswa selama 6 (enam) tahun akademik, dimana sarana dan prasarana pembelajaran di campus termasuk cukup memadai, dan ternyata pemakaian model pembelajaran yang conventional tidak mencapai hasil yang memuaskan, sebenarnya tugas guru atau dosen bukan semata-mata mengajar (teacher centered), tapi lebih kepada membelajarkan siswa (children centered ), dan telah dicoba model pembelajaran contextual, ternyata hasil belajar cukup memuaskan. Dimana hasil belajar menggunakan pendekatan model pembelajaran conventional, perolehan nilai puas dan nilai memuaskan 

hanya 13,66 %, sedangkan menggunakan model pembelajaran contextual diperoleh nilai puas dan memuaskan 69,66 % dan disimpulkan pendekatan model pembelajaran contextual sangat cocok dalam menyajikan materi kuliah pancasila.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Vonventional, Model Pembelajaran Contextual.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i58.389

Article Metrics

Abstract view : 727 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 742 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.