PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap citra perusahaan PT. Sumber Alfaria Trijaya, Medan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Medan. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 45 orang yang diambil dari berbagai tempat alfamart yang ada di Medan yang dilakukan secara acak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang dapat dinilai dari indikator : penampilan fasilitas fisik perusahaan (tangible), perhatian individu (emphaty), ketepatan waktu pelayanan (reliability), penanganan pengaduan (responsiveness) dan kesiapan karyawan melayani pelanggan (assurance).Variabel terikat adalah citra perusahaan. Analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak faktor tangible, realiability, responsiveness, assurance dan Empathy berpengaruh signifikan positif terhadap citra perusahaan. Secara parsial faktor keandalan, ketanggapan, serta jaminan dan kepastian secara serempak signifikan (nyata) mempunyai pengaruh positif terhadap citra perusahaan, sedangkan bukti fisik dan perhatian tidak berpengaruh signifikan tetapi bernilai positif. Ketanggapan (X3) mempunyai pengaruh yang lebih besar dari pada variabel jaminan dan kepastian (X4), keandalan (X2), bukti fisik (X1), perhatian (X5).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i51.237
Article Metrics
Abstract view : 453 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 483 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Warta Dharmawangsa
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.