PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
Abstract
RINGKASAN - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
Cooperative Learning terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di
SMA Swasta Kristen BNKP Gunung Sitoli. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas
X SMA Swasta Kristen BNKP Gunung Sitoli, Kabupaten Nias Tahun Pelajaran
2019/2020. Sedangkan objek penelitiannya yaitu model pembelajaran cooperative
learning yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas, dimana kegiatan pelaksanaannya secara
garis besar terdiri dari empat tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3)
observasi dan, 4) refleksi. Pelaksanaan penelitian ini direncanakan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cooperative learning
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris.
Penerapan metode cooperative learning dapat meningkatkan prestasi belajar pada
mata pelajaran bahasa Inggris siswa. Penerapan metode cooperative learning
dapat meningkatkan aktivitas guru pada proses pembelajaran mata pelajaran
bahasa Inggris.
Kata kunci : Cooperative Learning, Prestasi Belajar dan Bahasa Inggris
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v15i2.1215
Article Metrics
Abstract view : 384 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 655 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.