EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA DALAM SISTEM PENDAFTARAN PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR LURAH TANJUNG MULIA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, dan ketepatan pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Kantor Lurah Tanjung Mulia Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung kepada informan,baik petugas maupun masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan adanya diskrepansi antara persepsi subjektif masyarakat dan penilaian umum terhadap efektivitas pelayanan. Meskipun masyarakat merasakan kurangnya efektivitas dalam proses pengurusan KTP-el, secara keseluruhan pelayanan telah memenuhi prinsip-prinsip pelayanan prima pemerintah.Evaluasi efisiensi menunjukkan dualitas kondisi; efisien saat ketersediaan blanko KTP-el mencukupi, namun menurun signifikan saat terjadi kelangkaan. Aspek kecukupan sumber daya, khususnya peralatan, dinilai memadai. Praktik pelayanan inklusif dan profesionalisme aparatur diapresiasi oleh masyarakat, menunjukkan penerapan prinsip pemerataan pelayanan publik. Responsivitas aparatur juga dinilai positif, mengindikasikan komunikasi efektif dan pelayanan berorientasi pada kebutuhan pengguna.Evaluasi ketepatan menunjukkan prosedur pelayanan sesuai standar, namunterdapat inkonsistensi waktu penyelesaian akibat berbagai faktor seperti ketersediaan blanko e-ktp. Penelitian ini mengindikasikan perlunya perbaikan dalam manajemen rantai pasokan blanko KTP-el dan peningkatan efisiensi proses internal untuk meningkatkan kepuasan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Buku:
Agustino, Leo. 2016. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta
Akbar. F. M., & Mohi. K. M. 2018. Studi Evaluasi Kebijakan. Gorontalo: Ideas Publishing.
Dewi. K. S. D. 2022. Kebijakan Publik. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Indrasari. M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Marwiyah. S. 2022. Kebijakan Publik: Administrasi, Perumusan, Iplementasi, Pelaksanaan, Analisis dan Evaluasi Kebijakan Publik. CV Mitra Ilmu.
Rifa’I. K. 2023. Kepuasan Konsumen. UIN KHAS Press.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Jurnal dan Skripsi:
Alya, dkk. 2024. Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare di E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan
Ilahi. A. A. A., & Arifuddin. 2022. Pengaruh Kualitas Pekayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Amsir Bunga Rampai Journal. Vol. 1. (1).
MH, Margareth Inof Riisye. 2024. Evaluasi Kebijakan. Publik (Konsep dan Model). Tahta Media Group.
Novelia. N., & Harahap. A. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP-EL) Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur. Jurnal Stiatabalong. Volume. 6. Nomor. 2.
Qhilby. 2018. Evaluasi Prosedur Pelayanan KTP Elektronik Dikantor Camat Kecamatan Medan Belawan Kota Medan. Skripsi Universitas Medan Area.
Safira. Alya., Khadijah. Sitti., & Darsim. Herdayani. 2024. Optimalisasi Pelayanan Pada Kelurahan Ketimbang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Jurnal Administrasi Terapan. Volume. 2. Nomor 2.
Simarmata. P. P., Saragih. D. Y., & Simarmata. H. M. P. 2020. Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dolok Batu Nanggar di Kabupaten Simalungun. Jurnal EK&BI. Volume. 3. Nomor.1.
Ulin. T. T., & Aisyah. Siti. 2023. Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Ktp-El Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Medan. Jurnal Minfo Polgan. Volume. 12. Nomor. 2.
Undang-Undang:
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2009 Tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan
DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v12i2.8128
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nabila Riski Ananda, Jhon Simon, Siswati Saragi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Publik Reform Published By :
PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Publik Reform By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at













