PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA LOLOWAU KECAMATAN LAHOMI KABUPATEN NIAS BARAT

Fotani Daeli, Siswati Saragi, Fandi Alfiansyah Siregar

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk menguji pengaruh kualitas sumber daya manusia dalam pelayanan publik pada kantor Desa Lolowau, Kecamatan lahomi Kabupaten Nias Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan observasi.Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari aparatur Desa 7 orang dan masyarakat 199 yang menerima layanan di Kantor Desa Lolowau. Hasil penelitian menggunakan pengujian kualitas data yang digunakan adalah uji validitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, Uji Multikolinerritas, Uji Heteroskedastisitas. Model analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah Uji parsial (Uji-t), Uji simultan (Uji-f) dan koefisien determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian secara parsial dan simultan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia berpengaruh secara signifikan terhadap pelayanan publik pada kantor Desa Lolowau, Kecamatan Lahomi, Kabupaten Nias Barat.


Keywords


Kualitas Sumber Daya Manusia, Pelayanan Publik.

References


Fakhsianoor, Herman, M., & Susanti, E. (2021). Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tanah Bumbu. 2021, 6. Retrieved from https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/11897-Full_Text.pdf

Heriyanto, N., & Mujiarti Ulfah, S. (2022). Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Memberikan Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 8(2), 2723–2530. Retrieved from https://e- journal.upr.ac.id/index.php/JAP/article/view/5670%0Ahttps://e- journal.upr.ac.id/index.php/JAP/article/download/5670/3797

Kurniawan, A. (2024). Pengaruh Pelayanan Publik, Kualitas Sumber Daya Manusia, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Desa Ranca Iyuh, Kecamatan Panongan. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/2994

Leuhery, F., & Warbal, R. (2018). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Disiplin Kerja, Dan Pengembangan Karir Tehadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Maluku. Jurnal SOSOQ, 5(2), 60–70. Retrieved from https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/sosoq/article/view/229

Marnis & Priyono. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Manajemen Sumber Daya Manusia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Samsudin, M. (2021). Analisis Kinerja Pelayanan Publik tentang Sumber Daya Manusia dan Responsivitas Pegawai di Kantor Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 1028–1034. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.794

Siti Komariyah, S. K. (2023). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Kualitas Pelayanan Kapal Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Inaportnet.

Wahyu, E., Rokhman, N., Pudyaningsih, R., & Rizqi, A. I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Masyarakat Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Neraca Manajemen, Ekonomi, 1(11).

Yuliani, Winda; Suprojo, A.; Setiamandani, E. D. Manajemen Kinerja Pegawai Pelayanan Untuk Menjamin Pelayanan Administrasi Di Kantor Desa

Pujiharjo. 2023.(Samsudin, 2021)




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v11i2.6320

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fotani Daeli, Siswati Saragi, Fandi Alfiansyah Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING :

  

   

MEMBER of :

 

JURNAL PUBLIK REFORM Published By :

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index