PERAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN IMPOR PADA BIDANG PENGEMBANGAN PERDAGANGAN LUAR NEGERI DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL PROVINSI SUMATERA UTARA

Puspa Gemala Nst, Jhon Simon, Fandi Alfiansyah Siregar

Abstract


   Penelitian ini berjudul  ”Peran Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Impor Pada Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian Perdagangan Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara”.   Meskipun sudah adanya sistem pendataan digital dalam proses pelayanan masih, dibutuhkan tenaga sumber daya manusia dalam melayani segala bentuk pelayanan kepengurusan ekspor maupun impor.  Akan tetapi pelayanan pada Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral pada Bidang PPLN belum begitu menguasai sistem sehingga membutuhkan waktu dalam melakukan proses pelayanan. Kompetensi pegawai dalam proses pelayanan dibutuhkan karena untuk menciptakan kualitas pelayanan yang baik. 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran  sumber daya manusia  dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada  Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral bidang PPLN.  Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran secara objektif terkait bagaimana keadaan sebenarnya yang diteliti. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa kompetensi sumber daya manusia mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Peran Sumber Daya Manusia, Kompetensi SDM.

References


Arianty Nel (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal

Armstrong Micheal. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia : Handbook Manajemen SDM, Nusamedia

Bariqi Darari Muhammad (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal.

Dr. Noor Juliansyah , S.E.,M.M. (2017). Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah, Kencana

Dr. Ir. Rindawati Septi, S.sos., MM. (2022). Penerapan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2003 Dan Kualitas Pelayanan Publik Wakil Rakyat. Rezmedia Pustaka Indonesia

Dhesmiraida (2023). Peranan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perhubungan Kota Tanjung Pinang. Skripsi

Fikri Sirhan, Wiyani Wahyu, Suwandaru Agung (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal

Fauziah Ifat, (2018). Buku Panduan Ekspor- Impor. PT. Serambi Semesta Distribusi, Jakarta.

Fikri Sirhan, Wiyani Wahyu, Suwandaru Agung (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal.

Mauiyan Fatimah Feti (2019). Peran Pelatihan Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Karir : The orexical Review. Jurnal.

Mahira, Hadi Prasetyo,Nastiti Heni (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Jurnal.

Ningsih Sari Nilam (2012). Peran Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Skripsi.

Rohaeni Heni, Marwa Nisa (2018). Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Rohim, S,Sos, M.Si. (2020). Organisasi Restrukurisasi Dan Kinerja Pegawai,

CV. Adanu Abimata.

Setiawan Ajis, Qomariah Nurul, Hermawan Haris (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.

Wahyuni Asih Sri Wayan Ni, DR. Ni Wayan Sitiari, SE., MM, Dr. I madeSara,

SE.MP. (2021). Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil. Scopindo Media Pustaka.

Zakaria Gema Diapinsa (2017). Pengaruh Kualitas Pelaynan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v11i2.6319

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Puspa Gemala Nst, Jhon Simon, Fandi Alfiansyah Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING :

  

   

MEMBER of :

 

JURNAL PUBLIK REFORM Published By :

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index