Pengaruh Pelaksanaan Good Governance Terhadap Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat
Abstract
Penelitian ini menggambarkan di Kantor Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat. Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Good Governance terhadap pelayanan publik yang dilaksanakan dan bagaimana penerapannya.
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan riset lapangan dengan responden sebanyak 100 orang.
Narasumber dalam penelitian ini tidak hanya pegawainya saja tetapi masyarakat yang ikut serta dalam pelayanan yang ada di kantor kecamatan tersebut. Data – data dikumpulkan, dibandingkan dan dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kantor kecamatan padang tualang sudah menggunakan azas – azas good governancedan sudah berjalan dengan sangat baik terutama dalam hal partisipasi, aturan hukum, kejelasan informasi, efektifitas waktu dan transparasnsi biaya.
Dari analisis secara statistik dengan menggunakan analisa uji validitas dapat diketahui bahwa pernyataan kuesioner dalam pembahasan ini menunjukan hasil r hitung rata-rata 0,529 dan r tabel sebesar 0,195. sehingga data dapat dinyatakan valid dikarenakan r hitung lebih besar dibandingkan dengan r tabel. Maka seluruh item pertanyaan layak digunakan pada penelitian ini.
Selanjutnya dalam pengujian hipotesis terdapat sebuah hasil F hitung sebesar 0,110 dan F tabel 1,926 maka dinyatakan adanya hubungan positif antara Pelaksanaan Good Governance dengan Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat.
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan riset lapangan dengan responden sebanyak 100 orang.
Narasumber dalam penelitian ini tidak hanya pegawainya saja tetapi masyarakat yang ikut serta dalam pelayanan yang ada di kantor kecamatan tersebut. Data – data dikumpulkan, dibandingkan dan dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kantor kecamatan padang tualang sudah menggunakan azas – azas good governancedan sudah berjalan dengan sangat baik terutama dalam hal partisipasi, aturan hukum, kejelasan informasi, efektifitas waktu dan transparasnsi biaya.
Dari analisis secara statistik dengan menggunakan analisa uji validitas dapat diketahui bahwa pernyataan kuesioner dalam pembahasan ini menunjukan hasil r hitung rata-rata 0,529 dan r tabel sebesar 0,195. sehingga data dapat dinyatakan valid dikarenakan r hitung lebih besar dibandingkan dengan r tabel. Maka seluruh item pertanyaan layak digunakan pada penelitian ini.
Selanjutnya dalam pengujian hipotesis terdapat sebuah hasil F hitung sebesar 0,110 dan F tabel 1,926 maka dinyatakan adanya hubungan positif antara Pelaksanaan Good Governance dengan Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v3i2.315
Article Metrics
Abstract view : 219 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 2067 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Publik
JURNAL PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at