PERANAN SISTEM INFORMASI DATUN ONLINE (SI DATO) DI BIDANG PERDATA DAN TATA USAHA NEGARA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT KOTA MEDAN

Fauqo Nurry, Siswati Saragi, Tomi Jaffisa

Abstract


Kejaksaan Negeri Medan meluncurkan Sistem Informasi Datun Online (Si Dato). Aplikasi itu diterbitkan dengan tujuan untuk tetap memberikan akses pelayanan hukum kepada masyarakat Kota Medan dan instansi pemerintahan di Kota Medan ditengah-tengah pandemi saat ini dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan sistem informasi datun online (Si Dato) dalam meningkatkan pelayanan hukum di masyarakat kota Medan dan untuk mengetahui perbedaan terhadap manfaat yang dirasakan oleh masyarakat kota Medan sebelum dan sesudah adanya sistem informasi datun online (Si Dato) tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam penelitian ini data terbagi atas 2 (dua) yaitu data primer dan data sekunder. Dalam pengumpulan data primer penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan pengumpulan data sekunder adalah melalui study kepustakaan, baik itu majalah, surat kabar, dan buku-buku yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik reduksi data, penyajian data, mencermati kembali data, lalu Menyusun kesimpulan. Sistem Informasi Datun Online (Si Dato) merupakan layanan publik yang berporos pada kegiatan Penegakan Hukum, Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum, Pelayanan Hukum, serta Tindakan Hukum Lain kepada Negara, Pemerintah dan masyarakat di sidang Perdata dan Tata Usaha Negara dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara online. Sistem Informasi Datun Online (Si Dato) sangat berperan penting untuk tetap mendukung keberhasilan pelayanan hukum Kejaksanaan Negeri Medan terhadap masyarakat kota Medan di masa pandemi karena banyak masyarakat yang sudah menggunakannya.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v9i2.2683

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Publik Reform



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index