ANALISIS POLA KONSUMSI MEDIA DI MASA PANDEMIC COVID – 19

Raihan Sukma Akila Pratama, Febri Yuliani

Abstract


Abstrak

Pada bulan Maret 2020 Indonesia dan umat manusia di seluruh dunia digoncang denganpandemi Virus Corona (Covid-19) yang membuatkepanikandimana-mana. Ratusan ribu manusia terpapar dan banyak yang telah meninggal. Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini tak butuh waktu lama untuk menginfeksi warga dunia sehingga semua kehidupan manusia dipaksa untuk berubah. Hampir di seluruh negara, terlepasdari status kemajuan ekonomi dan teknologi, serta kehandalan sector pelayanan kesehatan, menghadapi ketidakpastian dan ketidakyakinan dalam menangani COVID-19 ini. Indonesia menghadapi tantangan serupa, bahkan diperparah dengan permasalahan lain seperti keterbatasan ekonomi masyarakat, sistem pelayanan kesehatan yang minimal, serta adanya adanya nuansa politisasi pandemi, dan sikap pengabaian atas informasi yang akurat tentang pandemi.

Penelitian ini bertujuan Untuk mengkaji dan menganalisis pola konsumsi media di masa pandemi covid-19. Metode  yang dilakukan adalah kualitatif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Unit analisis dalam penelitian ini adalah orang-orang yang dianggap memiliki pengetahuan tentang pola konsumsi media di masa pandemic covid - 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa durasi yang dipakai untuk mencari informasi tentang Covid-19 cukup menyita waktu pemakaian internet secara keseluruhan. Rasio keseluruhan waktu yang dipakai untuk mencari informas itentang Covid-19 dan waktu pemakaian internet dapat diketahui kebanyakan partisipan survey menghabiskan paling tidak 1 dari 4 menit dalam penggunaan internet. Partisipan memilih media baru untuk mencari informasi tentang Covid-19, dengan Instagram sebagai media massa yang paling banyak dipilih sebagai sumber informasi tentang Covid-19. Selain Instagram, Whatsapp dan portal berita.

 Kesimpulan dari penelitian ini adalah :Pandemi Covid-19 tidak bisa diremehkan keberadaannya. Seharusnya dengan kemudahan proses pencarian informasi saat ini, masyarakat terdorong untuk mencari tahu lebih banyak mengenai apa yang sedang mereka hadapi. Tindakan tersebut tidak hanya berguna bagi diri sendiri tetapi juga berdampak besar pada masyarakat secara luas dalam hal pencegahan klaster baru penularan Covid-19.

Kata Kunci :Pandemi, Covid-19, Media, Pola Komunikasi



DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v8i1.1468

Article Metrics

Abstract view : 886 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 395 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Publik Reform



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index