ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI RIVERA OUTBOUND DAN EDUTAIMENT
Abstract
Tujuan dari komunikasi pemasaran adalah untuk memberikan informasi, membujuk, dan mengingatkan. Namun, beberapa bentuk komunikasi yang disampaikan bisa saja tidak sesuai dengan tujuan yang dimaksud, sehingga menimbulkan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rivera Outbound dan Edutaiment. Penelitian ini mengacu pada teori komunikasi pemasaran menurut Tjiptono dengan lima indikator, yaitu promosi, periklanan, penjualan personal, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, partisipasi aktif, dokumentasi dan wawancara dengan Manajer Komunikasi Pemasaran Rivera. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan komunikasi pemasaran di Rivera sudah cukup baik berdasarkan lima indikator tersebut. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan pihak Rivera dapat melakukan evaluasi rutin terhadap respon audiens dilakukan guna menyesuaikan strategi dengan kebutuhan dan tren pasar yang terus berkembang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., Merliyana, S. J., (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1):974-980.
Asikin, N., Pristiwasa, I. W. T. K., & Lubis, A. L. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Kamar di Beverly Hotel Batam. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 9(1), 101–116.
Irawan, E. (2023). Destinasi Pariwisata Berkelanjutan: Suatu Kajian Literatur Strategi
Kotler, P., Keller, K. L., (2009). Manajemen Pemasaran Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga.
Mabruroh, S. K., Supardi, & Lubis, A. L. (2023). Pengaruh Instagram Terhadap Keputusan Pengunjung Untuk Berwisata ke Mega Wisata Ocarina Kota Batam. Jurnal Sistem Informasi & Manajemen, 11(3), 388–398. Manajemen Pemasaran. Jurnal Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(2), 1–16.
Manajemen Pemasaran. Jurnal Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(2), 1–16.
Masdaini, E & Hemayani, A. D. (2022). Analisis Keputusan Pembelian pada Konsumen Warung Kopi Nilang Buying Decision Analysis on Nilang Coffee Shop Consumers. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, 2(1), 2746–4229.
Nasrullah, Sri, S., Meizar, R., Adriasan, S., Pratiwi, B. P., Nina, N., Devi, R. K., Pandu, S. H., I Nyoman, S., (2020). Pemasaran Pariwisata: Konsep, Perencanaan & Implementasi. Jember: Yayasn Kita Menulis.
Rai, U. I. G. B., (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.
Rizky, M. D., (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Student Ambassador Cicil dalam Membangun Brand Awareness [skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Robani, D. R., Wardhana, A., (2022). Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran Bisnis Umkm Di Jawa Barat Menghadapi Pandemi Covid-19 : Studi Kasus Di Aditi Coffee House And Space Business Communication Mix Strategy Of West Java Msme In Facing The Covid-19 Pandemic : A Case Study Of Aditi Coffee H. 13(1):156-164.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Ke-3). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Ultavia, A., Jannati, P., & Malahati, F. (2023). KUALITATIF : MEMAHAMI KARAKTERISTIK PENELITIAN SEBAGAI METODOLOGI. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2).
Yatminiwati, M., Ermawati, E. (2022). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk. Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA). 14(2), 84-92
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.6451
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Angel Ling Lim, Bayu Suriaatmaja Suwanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index