ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK INSTAGRAM @podcastkeselaje TERHADAP PREFERENSI HIBURAN

Ramin Ramdani, Mayasari Mayasari, Oky Oxcygentri

Abstract


Instagram @podcastkeselaje merupakan media sosial yang berasal dari podcast yang bernama Podcastkeselaje. Podcast ini sering membicarakan berbagai hal mengenai Generasi Z, Mental Health, dan hal nyeleneh lainnya begitupun berlaku di sosial medianya. Hal yang membuat menarik dari Podastkeselaje dalam membawakan hiburan dengan cara tersendiri yakni sarkasme dan satir. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan seberapa besar Analisis Pengaruh Daya Tarik Instagram @podcastkeselaje Terhadap Prefensi Hiburan. Populasi penelitian ini merupakan pengikut dari akun Instagram @podcastkeselaje dengan metode simple random sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 100. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, sebelum melakukan analisis data penelitian ini juga melakukan pengujian asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan Analisis Pengaruh Daya Tarik Instagram @podcastkeselaje Terhadap Prefensi Hiburan pada sub variabel Daya Tarik dibandingkan dengan sub variabel lain. Implikasi dari penelitian ini mencakup media sosial merupakan tempat untuk mencari berbagai hiburan, namun harus memiliki batasan penggunaan dalam mengaksesnya untuk menghindari hal negatif.

Keywords


Instagram, @podcastkeselaje, Kebutuhan, Hiburan, Media Sosial.

Full Text:

PDF

References


Alfarizqi, S., Mayasari, M., & Nurkinan, N. (2023). Pengelolaan Konten Media Sosial pada Akun Instagram @indozone.id Dalam Upaya Meningkatkan Followers Instagram. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(2), 488–494. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i2.4204

Aulia, V., Tayo, Y., & Nayiroh, L. (2024). PENGARUH KONTEN VIDEO TIKTOK @aulion TERHADAP PERILAKU KREATIF MAHASISWA. Media Bina Ilmiah, 18, 7823–7830.

https://binapatria.id/index.php/MBI

Bungin, B. (2006). Sosiologi komunikasi: teori, paradima, dan diskursus teknologi komunikasi di masyarakat.

Dafa Prapiana, R., Abidin, Z., & Ramdhani, M. (2023). Pengaruh Pemilihan Akun Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berwisata Ke Korea Selatan. Jurnal Mirai Management , 8, 242– 250.

Dewi Pitaloka, E., Aprilizdihar, M., & Septiana Dewi, dan. (2021). PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. In Journal of Digital

Education, Communication, and Arts Article History (Vol. 4, Issue 2).

Januarti Drakel, W., Heny Pratiknjo, M., & Mulianti, T. (2018). PERILAKU MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DI UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO.

KURNIAWAN, N. F. (2022). PENGARUH INTENSITAS MENONTON FILM PADA PLATFORM LAYANAN STREAMING NETFLIX TERHADAP MINAT MENONTON

FILM DI BIOSKOP (Studi Kuantitatif Eksplanatif dengan Metode Survei pada Masyarakat Umum Usia 18-25 Tahun di Kabupaten Sleman, Yogyakarta). E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Nariatn, Yosudhara. M. G. (2019). Perancangan Interior Pusat Hiburan Anak Berbasis Alkitab di Surabaya. 7, 984–991.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i2.4996

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF – 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ramin Ramdani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index