PENGARUH PENDEKATAN DAKWAH ISLAMI TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MORAL ANAK NARAPIDANA DI LAPAS KELAS 1 TANJUNG GUSTA MEDAN

Ainul Mardiyah, Dea Ananda Mentari, Aan Sapriana, Riska Mutia Nasution

Abstract


Pokok utama atau tujuan dari jurnal penelitian ini ialah untuk mengetahui apa dampak sebenarnya yang dihasilkan oleh impelementasi bimbingan dan arahan berupa pendekatan dakwah Islam secara langsung terhadap anak-anak narapidana di Lapas Tanjung Gusta Medan, tepatnya pada lembaga LKPA Kelas 1 Medan. Hal ini akan berfokus pada analisis metode bimbingan berupa pendekatan dakwah yang diberikan oleh sekelompok peneliti dakwah sekaligus penulis yang terlibat langsung didalamnya serta analisis terhadap dampak yang dihasilkan daripada pelaksanaan bimbingan dan pendekatan dakwah Islami yang berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan perilkau moral anak-anak narapidana di lapas Tanjung Gusta, LPKA Kelas 1 Medan. Penulisan jurnal ilmiah ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif serta menggunakan tekhnik study literature, dimana penulis meninjau beberapa hasil penelitian dari penelitian atau karya ilmiah sebelumnya yang telah di publish, sehingga menghasilkan sebuah kerangka teori baru yang didapat dari hasil mereview beberapa artikel/jurnal penelitian dahulu yang berhubungan dengan tema jurnal ini. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengetahui kondisi objek secara langsung. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa pendekatan dakwah islami benar memberi dampak yag signifikan terhadap perubahan perilaku anak narapidana LPKA Kelas 1 di Tanjunng Gusta Medan.


Keywords


Pendekatan, Dakwah, Pengaruh, Perubahan, Moral

References


Anandra, Q., Uljanatunnisa, & Cahyani, I. P. (2020). Analisis Elaboration Likelihood Theory Pada Kampanye "Go Green, No Plastic" Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Jurnal Komunika, 98.

Anggraeni, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif Pada E-commerce Shopee. Jurnal Pendidikan Tambusai, 27074.

Blessa, V. A., & Indriani, F. (2022). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keterlibatan Konsumen, Dan Kualitas Produk Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Shopee Live (Studi pada pengguna platform shopee live). Diponegoro Journal Of Management.

Katadata.co.id. (2023, November 6). Proyeksi Nilai Transaksi Bruto/GMV Ekonomi Digital Indonesia Berdasarkan Sektor 2023. Retrieved from Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/06/e-commerce-sektor-penyumbang-ekonomi-digital-terbesar-indonesia-pada-2023

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Luas, G. N., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2023). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Muhammad, A., Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2024). Pengaruh Komunikasi Persuasif Host Live Shopping Tiktok Shop Aerostreet Terhadap Keputusan Pembelian Followers. Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3-4.

Nugroho, C. (2020). Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi. Jakarta: KENCANA.

Rumbi, W. (2023). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Penggemar Jkt48. Dspace.

Snapcart. (2023, Maret 16). Memasuki Bulan Ramadan, E-commerce Mana Yang Unggul Jadi No.1 Pilihan Pengguna? Retrieved from Snapcart: https://snapcart.global/memasuki-bulan-ramadan-e-commerce-mana-yang-unggul-jadi-no-1-pilihan-pengguna/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4719

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ainul mardiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index