FRAMING ELEKTABILITAS CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA 2024 PADA KOMPAS.COM

Dewa Ayu Aksamala Gangga Paramita, Rizca Haqqu

Abstract


Penelitian ini menyoroti fenomena framing pemberitaan terkait elektabilitas calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia 2024 oleh media massa, khususnya Kompas.com. Permasalahan utama yang diangkat adalah bagaimana media membentuk persepsi publik terhadap calon pemimpin melalui pemberitaan yang disajikan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing model Zhongdang Pan dan Kosicki, yang mencakup analisis struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dalam berita-berita yang diterbitkan oleh Kompas.com. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori framing, yang menjelaskan bagaimana media memilih dan menekankan aspek-aspek tertentu dari realitas untuk membentuk persepsi dan opini publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompas.com sering menonjolkan aspek-aspek tertentu dari calon, seperti popularitas dan dukungan, dengan menggunakan pilihan kata dan narasi yang spesifik. Selain itu, ditemukan bahwa berita yang dipublikasikan memiliki kecenderungan bias tertentu, yang terlihat dari sumber dan cara penyajian informasi. Framing yang dilakukan oleh Kompas.com dapat mempengaruhi opini publik dan persepsi terhadap calon presiden dan wakil presiden. Temuan ini menekankan pentingnya literasi media bagi masyarakat, agar dapat menyikapi pemberitaan politik secara kritis, terutama menjelang pemilihan umum. Pemahaman yang lebih baik mengenai cara kerja framing media juga penting bagi pengambil kebijakan dan praktisi media untuk menjaga objektivitas dan keseimbangan dalam pemberitaan politik.


Keywords


framing media, elektabilitas calon presiden, analisis berita, Kompas.com, pemilu 2024

References


Annur, C. M. (2023). Inilah Media yang Paling Dipercaya Warga Indonesia pada 2023, Ada Favoritmu?. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/15/inilah-media-yang-paling-dipercaya-warga-indonesia-pada-2023-ada-favoritmu

Bintang, H. N., & Suryawati, I. (2020). Pembingkaian Berita Elektabilitas Jokowi Dan Prabowo Jelang Pencoblosan Pemilihan Presiden Pada Media Online Edisi 1–16 April 2019. PANTAREI, 4(03).

De Vreese, C. H. (2005). News framing: Theory and typology. Information design journal+ document design, 13(1), 51-62.

Dewan Pers. (2008). Peraturan Dewan Pers Nomor: 6/Peraturan-DP/V/2008 Tentang Pengesahan Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 03/SK-DP/III/2006 tentang Kode Etik Jurnalistik Sebagai Peraturan Dewan Pers.

Entman, R. M. (2007). Framing bias: Media in the distribution of power. Journal of communication, 57(1), 163-173.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKiS.

Eriyanto, A. N. (2013). Dasar-dasar dan penerapannya dalam analisis teks berita media. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fauzi, A. (2013). KONSTRUKSI REALITAS MEDIA MASSA (Analisis Framing Pemberitaan Korupsi M. Nazaruddin di Harian Republika) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Hamad, I. (2004). Konstruksi realitas politik dalam media massa: Sebuah studi critical discourse analysis terhadap berita-berita politik. Yayasan Obor Indonesia.

Hasibuan, N. E.-K., Sidabalok, U. F., Afandi, R., & Manurung, M. (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP ELEKTABILITAS BAKAL CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 6(1), 14.

Ichwan, M., Purba, B., & Luthfi, M. (2023). RETORIKA POLITIK LOKAL DALAM MEMPENGARUHI PILIHAN PADA PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2019 DI KECAMATAN MEDAN PETISAH. Network Media, 6(2), 42-49.

Kompas.com. (2023). Tentang Kami. https://inside.kompas.com/about-us

Neuman, W. L. (2003). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Allyn and Bacon.

Nurlatifah, M., & Irwansyah, I. (2019). Fact-checking journalism sebagai platform kolaborasi human and machine pada jurnalisme digital. Jurnal Komunikasi, 13(2), 121-134.

Purba, A. M. (2024). Pemilu Serentak Tahun 2024 Merupakan Sarana Perwujudan Kedaulatan Rakyat Yang Demokratis. Network Media, 7(1), 1-8.

Romeltea.com. (2022). Karakteristik Berita Online. https://romeltea.com/tag/karakteristik-media-online/

Rahman, R. (2023). Analisis Framing Pemberitaan Ferdy Sambo di Media Online Viva. co. id dan Detik. com. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(2), 278-293.

Setiaman, A., & Girsang, S. A. (2023). ELEKTABILITAS CALON PRESIDEN: REALITAS ATAU PENGGIRINGAN OPINI? (Vol. 5, Issue 2).

Suminar, P., Sunaryanto, H., & Raya Kandang Limun, J. (2020). TRANSFORMASI KARAKTERISTIK KOMUNIKASI DI ERA KONVERGENSI MEDIA Transformation of Characteristics Communication Media in Convergence Era 1) 2) 3). Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(1), 83–134. http://journal.ubm.ac.id/

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4657

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 rizca haqqu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index