Pengaruh Promosi Voucher Diskon Live Shopping Shopee Skintific official store Terhadap Perilaku Impulse Buying Followers

Yessica Ayalia, Firdaus Yuni Dharta, Rastri Kusumaningrum

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pengaruh Promosi Voucher Diskon pada Live Shopping Shopee @Skintificofficialstore terhadap perilaku impulse buying followers. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model. Kemajuan teknologi internet membawa kemudahan pada sektor bisnis dengan kemunculan berbagai layanan e-commerce seperti live shopping untuk menjual produk langsung kepada pelanggan. Salah satu alat promosi yang sering digunakan pada saat live shopping adalah voucher diskon. Voucher diskon pada live shopping yang mengakibatkan adanya pelonjakan pembelian yang menghasilkan fenomena impulse buying terhadap penggunanya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh sebesar 32,9% dari promosi voucher diskon terhadap perilaku impulse buying followers akun Shopee @Skintificofficialstore berdasarkan temuan uji koefisien determinasi.  Abstrak diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil penelitian. Oleh sebab itu, temuan penelitian ini sesuai dengan asumsi dari teori Elaboration Likelihood Model yang mengatakan bahwa hanya sebagian orang tertentu yang mungkin mengembangkan pesan persuasi.


Keywords


Promosi Voucher Diskon, Perilaku Impulse Buying, Skintificofficialstore.

References


Anandra, Q., Uljanatunnisa, & Cahyani, I. P. (2020). Analisis Elaboration Likelihood Theory Pada Kampanye "Go Green, No Plastic" Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Jurnal Komunika, 98.

Anggraeni, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif Pada E-commerce Shopee. Jurnal Pendidikan Tambusai, 27074.

Blessa, V. A., & Indriani, F. (2022). ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KETERLIBATAN KONSUMEN, DAN KUALITAS PRODUK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MELALUI SHOPEE LIVE (Studi pada pengguna platform shopee live). Diponegoro Journal Of Management.

Katadata.co.id. (2023, November 6). Proyeksi Nilai Transaksi Bruto/GMV Ekonomi Digital Indonesia Berdasarkan Sektor 2023. Retrieved from Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/06/e-commerce-sektor-penyumbang-ekonomi-digital-terbesar-indonesia-pada-2023

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Luas, G. N., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2023). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Muhammad, A., Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2024). Pengaruh Komunikasi Persuasif Host Live Shopping Tiktok Shop Aerostreet Terhadap Keputusan Pembelian Followers. Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3-4.

Nugroho, C. (2020). Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi. Jakarta: KENCANA.

Rumbi, W. (2023). PENGARUH CELEBRITY WORSHIP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGEMAR JKT48. Dspace.

Snapcart. (2023, Maret 16). Memasuki Bulan Ramadan, E-commerce Mana Yang Unggul Jadi No.1 Pilihan Pengguna? Retrieved from Snapcart: https://snapcart.global/memasuki-bulan-ramadan-e-commerce-mana-yang-unggul-jadi-no-1-pilihan-pengguna/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4643

Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yessica Ayalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index