PENGARUH KOMUNIKASI SOSIAL TERHADAP PEREKRUTAN ANGGOTA BARU REMAJAMUSHOLLA AL-FALAH LINGKUNGAN IX HELVETIA TIMUR

Erni Suyani, Mhd Ashari Nasution

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “pengaruh komunikasi sosial terhadap perekrutan anggota baru remaja Musholla Al-Falah Lingkungan IX Helvetia Timur Medanâ€.

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisa data, dan memperoleh informasi mengenai fungsi komunikasi social dalam meningkatkan minat remaja lingkungan IX untuk bergabung menjadi anggota baru remaja Musholla Al-Falah, dan faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam melaksanakan fungsi komuniksi sosial di remaja Musholla Al-Falah serta untuk mengetahui strategi-strategi apa yang digunakan dalam upaya mengatasi faktor-faktor penghambat tersebut.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, Dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Didalam penelitian ini juga terdapat teknik sampel probabilitas dengan menggunakan teknik random, dengan jumlah 47 responden yang menjadi sampel penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil bahwa fungsi komunikasi sosial di remaja Musholla Al-Falah lingkungan IX Helvetia Timur mampu meningkatkan minat remaja lingkungan IX Helvetia Timur yang belum menjadi anggota remaja untuk menjadi anggota baru di remaja Musholla A-Falah lingkungan IX Helvetia Timur. Fungsi Komunikasi social juga dapat menumbuhkan rasa berorganisasi menjadi lebih tinggi didalam remaja Musholla Al-Falah, peran media komunikasi juga harusnya dapat berpengaruh penting dalam meningkatkan minat remaja lingkungan IX untuk menjadi anggota dalam remaja Musholla Al-Falah, dan juga berpengaruh dalam komunikasi antar anggota remaja yang sudah ada saat ini.

Kata Kunci: Komunikasi Sosial, Media Komunikasi, Remaja Musholla Al-Falah




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v4i2.1404

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Erni Suyani, Mhd Ashari Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index