PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA STARBUCKS CABANG MARELAN

Tamara Salsabila, Jhon Simon, Teuku Fahmi, Zulkifli Taib

Abstract


Pertumbuhan industri kopi di Indonesia telah memicu meningkatnya persaingan antar coffee shop, baik lokal maupun internasional. Starbucks sebagai salah satu merek global menghadapi tantangan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di berbagai cabang, termasuk di wilayah Medan Marelan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Starbucks Cabang Marelan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif, dengan populasi sebanyak 95 pelanggan dan sampel sebanyak 60 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan skala Likert lima poin, dan analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda melalui program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (t = 2,119; Sig. = 0,005), dan kualitas produk juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (t = 3,651; Sig. = 0,000). Secara simultan, kedua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai F = 58,993 dan Sig. = 0,000, serta nilai Adjusted R² sebesar 0,637, yang berarti 63,7% variasi loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel harga dan kualitas produk, sementara sisanya 36,3% dijelaskan oleh faktor lain di luar model. Temuan ini mengindikasikan bahwa kualitas produk merupakan faktor dominan yang membentuk loyalitas pelanggan Starbucks Cabang Marelan, terutama melalui konsistensi rasa, tampilan, pelayanan, dan pengalaman konsumsi yang menyenangkan. Faktor harga tetap berperan penting, tetapi pengaruhnya lebih bersifat pendukung, karena pelanggan Starbucks cenderung menilai harga sepadan dengan kualitas dan citra merek premium yang ditawarkan. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa upaya menjaga kualitas produk dan menciptakan persepsi nilai harga yang adil merupakan strategi efektif dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada industri coffee shop modern.


Keywords


Harga, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan.

References


Assauri, S. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grapindo.

Armstrong, G. 2014. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Ardiantika. 2017. Pengaruh Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Pizza Hut Bogor. Jurnal Manajemen dan Keuangan. online at: https://sultanist.ac.id/index.php/sultanist

Basu Swastha Dharmmesta. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Budi, D. S, Lumanauw, P, & Ferdy, R. 2018. Pengaruh Brand, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Di Kedai Kopi Gudang Imaji Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/21910

Ernawati, D. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 7 Nomor 1.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hasan, A. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta.

Hidayat, A. A. 2021. Menyusun Instrumen Penelitian & Uji ValiditasReliabilitas. Health Books Publishing. Hal. 12.

Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, P. & Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lupiyoadi dan Hamdani. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Made C. S. D. P, & Ni Wayan, E. 2017. Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. Jurnal Ekonomis dan Bisnis Universitas Udayana. https://www.neliti.com/id/publications/255365/pengaruh-inovasi-produk-harga-citra-merek-dan-kualitas-pelayanan-terhadap-loyali

Maisaroh, S. 2018. Pengaruh Brand Extension Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Malt Berkarbonasi Pada Konsumen Muslim Di Kota Madiun. Skripsi: Institut Agama Islam negeri Diponegoro. https://etheses.iainponorogo.ac.id/22888/1/SITI%20MAISAROH.%20401180319.ES.%20SKRIPSI%20E-THESIS1.pdf

Riyanto, S, & Hatmawan, A,. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen, Sleman: CV Budi Utama.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L., L. 2018. Perilaku Konsumen, Edisi 7. Alih Bahasa: Zoelkifli. Jakarta : Indeks.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. 2020. Dasar- Dasar Manajemen Pemasaran (Cetakan ketiga). CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suko, A. A, Azis, F, & Andi, T. H. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif Dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Empiris pada KA Blora Jaya Ekspres 2 di Daop 4 Semarang). JurnalUniversitas Padanaran Semarang. file:///C:/Users/Hp/Downloads/242-476-1-SM.pdf

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v10i2.7738

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 tamara salsabila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

JURNAL BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

JURNAL BISNIS CORPORATE published by :

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

JURNAL BISNIS CORPORATE by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index

gacormen

gacormen

gacormen

gacormen

gacormen