PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FOOD DELIVERY TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA NGEBET WARKOP

Surya Hadi Wijaya, Teuku Fahmi, Asrindah Nst

Abstract


Online food delivery merupakan sebuah alternatif distribusi atau jaringan penyaluran sebuah produk. Baiknya penyaluran akan dapat menciptakan keunggulan yang kuat bagi suatu perusahaan. Dengan penyaluran ini akan membuat produk yang dapat mencapai sasaran pelanggan, yang akan membeli produk yang diinginkannya pada titik-titik pembelian yang mereka inginkan. dalam artian, pelayanan food delivery memungkinkan timbulnya minat beli konsumen.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan food delivery terhadap minat beli konsumen pada Ngebet Warkop. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemasaran yang berkaitan dengan kualitas pelayanan food delivery dan minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian melalui layanan food delivery selama 3 bulan yang berjumlah 1.440 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 94 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji t dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data menggunakan program software SPSS (versi 26). Dari hasil penelitian tersebut, secara parsial diketahui bahwa kualitas pelayanan food delivery memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dibuktikan dengan hasil nilai koefisien regresi sebesar 0,819 yakni bernilai positif, dengan nilai thitung (8,478) > ttabel (1,66159) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima serta nilai signifikansi (0,000) < (0,05).. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan kualitas pelayanan food delivery memberikan pengaruh sebesar 43,9% terhadap minat beli konsumen dan sisanya 56,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


Kualitas Pelayanan Food Delivery, Minat Beli Konsumen

References


Abubakar, Rusydi. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Rineka Cipta

Abzari. (2014). Analisis Pengaruh Media Sosial pada Sikap merek dan minat beli konsumen. Jurnal sosial dan ilmiah, 1(43), 822-830.

Annur, Cindy M. (2024). Indonesia, Pasar Pengiriman Makanan Online Terbesar di Asia Tenggara: databoks. Diakses pada 25 Oktober 2024 https://databoks.katadata.co.id/infografik/2024/02/20/indonesia-pasar-

online-food-delivery-terbesar-di-asia-tenggara

Budiasni, N. W, dkk. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Strategi Digital Marketing Terhadap Minat Beli di UD. Suarningsih. Jurnal Daya Saing. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja. Bali

C. Bill, dkk. (2019). Fakta di Balik Gemarnya Orang Indonesia Pesan Makanan Via Online:Kompas.com.Diaksespada25Oktober2024 https://tekno.kompas.com/read/2019/09/19/15324657/fakta-di-balik- gemarnya-orang- indonesia-pesan- makanan- via-online

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat beli Konsumen (studi pada Villa Triviona di PT. Aek Nauli Medan). Ekonomi Dan Bisnis, 13–33.

Denziana, A., Indrayenti, I., & Fatah, F. (2014). Corporate Financial Performance Effects Of Macro Economic Factors Against Stock Return. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2).

Fandy, Tjiptono & Chandra. (2016). Service Quality and Satisfiation Edisi 3.

Jakarta: Andi Offset

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS

(Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasan, Imam Yulfi. (2017). Pengaruh Promotion Mix Terhadap Minat Beli.

Skripsi. Universitas Lampung.Lampung

Kaur, P., Dhir, A., Talwar, S., & Ghuman, K. (2020). The value proposition of food deliveryapps from the perspective of theory of consumption value. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 1129 – 1159

Kotler & Amstrong. (2018). “Principles of Marketing Edisi Ke 19.Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Phillip & Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks

Moenir, H. (2017). Manajamen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudrikah, Y. P. (2023). Pengaruh Food Delivery dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Penjualan di Prekbro. Jurnal Mahasiswa Manajemen, Bisnis, Enterpreneurship, 2(2), 14-22

Mukti, H. D. (2021). Pengaruh Layanan Food Delivery O2O (Online to Offline) Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Electronic Word of Mouth (E- WOM) Sebagai Variabel Dummy. Skripsi.Universitas Hang Tuah. Surabaya

Nirawati. (2024). Analisis Dampak Layanan Online Food Delivery Yang Menggunakan Akad Salam Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha (Studi Kasus Pelaku Usaha Kuliner di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar

Rahmawati, M. (2017). Penggunaan Sistem Informasi Dalam Komunikasi Bisnis Secara Elektronik: Jurnal Komunikasi, 8(2), 39-46

Riyanto,S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish

Abubakar, Rusydi. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Rineka Cipta

Abzari. (2014). Analisis Pengaruh Media Sosial pada Sikap merek dan minat beli konsumen. Jurnal sosial dan ilmiah, 1(43), 822-830.

Annur, Cindy M. (2024). Indonesia, Pasar Pengiriman Makanan Online Terbesar di Asia Tenggara: databoks. Diakses pada 25 Oktober 2024 https://databoks.katadata.co.id/infografik/2024/02/20/indonesia-pasar-

online-food-delivery-terbesar-di-asia-tenggara

Budiasni, N. W, dkk. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Strategi Digital Marketing Terhadap Minat Beli di UD. Suarningsih. Jurnal Daya Saing. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja. Bali

C. Bill, dkk. (2019). Fakta di Balik Gemarnya Orang Indonesia Pesan Makanan Via Online:Kompas.com.Diaksespada25Oktober2024 https://tekno.kompas.com/read/2019/09/19/15324657/fakta-di-balik- gemarnya-orang- indonesia-pesan- makanan- via-online

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat beli Konsumen (studi pada Villa Triviona di PT. Aek Nauli Medan). Ekonomi Dan Bisnis, 13–33.

Denziana, A., Indrayenti, I., & Fatah, F. (2014). Corporate Financial Performance Effects Of Macro Economic Factors Against Stock Return. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2).

Fandy, Tjiptono & Chandra. (2016). Service Quality and Satisfiation Edisi 3.

Jakarta: Andi Offset

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS

(Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v10i1.6301

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Surya Hadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

JURNAL BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

JURNAL BISNIS CORPORATE published by :

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index