PENGARUH PENERAPAN STRATEGI USAHA TOKO KELONTONG PADA USAHA DAGANG WULANDARI TERHADAP PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGHADAPI USAHA RITEL YANG MENJAMUR DI KECAMATAN HAMPARAN PERAK

Wulandari Syahfitri, Farida Hanum Nasution, Teguh Dwi Putra

Abstract


Persaingan ekonomi yang semakin ketat telah menyebabkan toko kelontong tradisional menghadapi tantangan besar dari maraknya usaha ritel modern. Kondisi ini berdampak pada penurunan loyalitas pelanggan toko kelontong, yang berujung pada menurunnya pendapatan usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan strategi usaha pada Toko Kelontong UD Wulandari, Kecamatan Hamparan Perak, terhadap peningkatan loyalitas pelanggan dalam menghadapi kompetisi usaha ritel.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 116 responden menggunakan Google Form. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji parsial (uji T), dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi usaha yang diterapkan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Uji T menghasilkan nilai t-hitung sebesar 6,721 (p < 0,05), yang mengindikasikan pengaruh signifikan secara parsial. Uji F menunjukkan nilai F-hitung sebesar 45,38 (p < 0,05), yang berarti strategi usaha berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,573 menunjukkan bahwa strategi usaha menjelaskan 57,3% variansi dalam loyalitas pelanggan, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Penerapan strategi usaha yang efektif, seperti pelayanan yang ramah, promosi menarik, dan ketersediaan barang yang lengkap, terbukti dapat meningkatkan loyalitas pelanggan toko kelontong. Kepada pemilik UD Wulandari untuk terus memperbaiki pelayanan dan menciptakan inovasi agar tetap kompetitif. Selain itu, dukungan teknologi seperti integrasi sistem pembayaran digital dapat menjadi langkah strategis dalam menarik lebih banyak pelanggan.


Keywords


Strategi Usaha, Loyalitas Pelanggan, Toko Kelontong, Usaha Ritel, Persaingan Ekonomi.

References


Aziza, N. (2023). Telchbuls Telchnollolgy, Bulsinelss and ELntrelprelnelulrship. . Pelngarulh Tolkol Ritell MLoldelrn Telrhadap ELksistelnsi Ritell Tradisiolnal di Kelcamlatan Banjarmlasin Sellatan, 55-67.

Dick, A. (2014). Culstolmlelr lolyality : Tolward an Intelgrateld colnselptulal framlelwolrk. Julrnal olf thel Acadelmly OLf mlarkelting Scielncel.

Drakel. (2011). Lolyalitas Pellanggan.

Gholzali. (2015). In V. W. Suljarwelni, MLeltoldollolgi Pelnellitian Bisnis dan ELkolnolmli. PT Pulstaka Barul.

Gholzali, i. (2016). Aplikasi Analisis MLulltivariatel Delngan Prolgraml IBML SPSS 2. ULnivelrsitas Dipolnelgolrol Selmlarang.

Gholzali, I. (2018). Delsain Pelnellitian Kulantitatif dan Kulalitatif. Selmlarang: Yolga Pratamla.

Griffin, J. (2003). Culstolmlelr Lolyalty : MLelnulmlbulhkan dan MLelmlpelrtahankan Kelseltiaan Pellanggan. ELselnsi.

Griffin, j. (2013). Culstolmlelr Lolyality. In ML. d. Pellanggan.

Jolhan, s. (2011). Stuldi Kellayakan dan Pelngelmlbangan Bisnis. Graha ilmlul.

MLulstinah. (2018). Pelngarulh pelrpultaran mloldal kelrja telrhadap reltulrn oln asselt (ROLA) pada bank mlulamlalat indolnelsia. Bandar Lamlpulng.

Nulgrolhol, S. Y. (2023, OLktolbelr 10). MLinimlarkelt vs Warulng kellolntolng, Pelrbeldaan yang MLelngbulat Saling Belrsaing MLelndapatkan Pelmlbelli. Reltrielveld Felbrulari 3, 2024, frolml harianhalul.colml.

OLlsoln, P. &. (2013). Colnsulmlelr belhaviolr and mlarkelting stratelgy.

Priyatnol, D. (2014). SPSS 22 Pelngollaha data praktis . Yolgyakarta: ELdisi 1.

Rolzi, F. (2023). pelngarulh Kulalitas Proldulk Telrhadap Kelpultulsan Pelmlbellian Kolnsulmleln Di deltik Colffel MLeldan.

Sarwolnol, J. (2011). MLarkelting Intellligelncel. Jolgyakarta: Graha Ilmlul.

Sulgiyolnol. (2019). MLeltoldollolgi Pelnellitian Kulantitatif dan Kulalitatif.

Sulryani, T. (2013). Pelrilakul Kolnsulmleln di elra Intelrnelt : Imlplelmlelntasinya Pada stratelgi Pelmlasaran. Graha Ilmlul.

Syulkri, S. (2014). Pelnelrapan culsrolmlelr Satisfactioln Indelx (CSI) dan Analisis Gap Pada Kulalitas Pellayanan Trans Jolgja.

Tjiptol, F. (2008). Stratelgi Pelmlasaran.

Yulningrulml, H. (2016, OLktolbelr). ULsaha ULntulk MLelningkatkan Lolyalitas Tolkol Kellolntolng DalamlMLelngahadapi ULsaha Ritell Yang MLelnjamlulr Di MLasyarakat. Voll. VII(ELdisi 2).




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v9i2.5818

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index