PENGARUH DAYA BELI KONSUMEN DAN KENAIKAN BAHAN BAKU TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. MABAR FEED INDONESIA KECAMATAN MEDAN DELI

Damar Inggit, Ahmad Taufiq Harahap, Al Firah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya beli konsumen dan kenaikan bahan baku terhadap volume penjualan. Lokasi penelitian ini adalah PT Mabar Feed Indonesia Kecamatan Medan Deli. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji normalitas, dan uji regresi linier berganda. Sampel yang diteliti sebanyak 50 responden. Berdasarkan hasil analisis  dan uji hipotesis secara parsial diperoleh pengaruh yang nyata (signifikan) antara variabel daya beli konsumen terhadap volume penjualan pada PT. Mabar Feed Indonesia Kecamatan Medan Deli senilai thitung > ttabel (2.254>1,67793) maka H0 ditolak dan H2 diterima. Secara parsial diperoleh pengaruh signifikan antara variabel kenaikan bahan baku terhadap volume penjualan pada PT. Mabar Feed Indonesia Kecamatan Medan Deli senilai thitung>ttabel (3.813>1,67793) maka H0 ditolak dan H2 diterima. Secara simultan diperoleh nilai  nilai Fhitung > Ftabel  (7.283>3.195) maka H0 ditolak dan H3 diterima berarti daya beli konsumen dan kenaikan bahan baku secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada PT. Mabar Feed Indonesia Kecamatan Medan Deli.


Keywords


Daya Beli Konsumen, Kenaikan Bahan Baku, Volume Penjualan

References


Supawi pawenang, 2016. Modul Perkuliahan Ekonomi Bisnis, (Surakarta: Program Pascasarjana UNIBA).

Ferdinan. (2016). Anggaran Perusahaan. Jakarta : Rineka Cipta

Gita Wahyuni (2021). “Analisis kualitas bahan baku dan proses produksi terhadap kualitas produk pada PT. Super box Indonesia “. Skripsi fakultas ekonomi dan bisnis.

Rangkuti, Freddy. 2014. Buku Riset Pemasaran. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Umum.

Kotler, Keller, 2016. Buku Manajemen Pemasaran (Terjemahan), Edisi Millennium 2.Jakarta : Prenhallindo.

Nurfaidah Annisa et.al. 2017. “ Pengaruh Harga Pokok Produksi Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Sub Sector Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016.




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v9i1.4798

Article Metrics

Abstract view : 66 times
Untitled (Bahasa Indonesia) – 27 times PDF (Bahasa Indonesia) – 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index