ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM PADA DWI GALERY STUDIO

Nadya Susmita, Farida Hanum, Teuku Fahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran guna meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada Dwi Gallery Studio di kota Medan. Menggunakan metode analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), studi ini mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja dan strategi pemasaran Dwi Gallery Studio. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.

        Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. Dipandang dari luasnya permaalahan yang ada dalam perusahan, maka diperlukan adanya perencanaan yang menyeluruh untuk dijadikan pendoman bagi segmen perusahaan dalam menjalankan kegiatannya, alasan lain yang menunjukan pentingnya strategi pemasaran adalah semakin kerasnya persaingan perusahaan pada umumnya.penelitian ini memiliki tujuan untuk: mendapatkan gambaran mengenai strategi pemasaran yang telah dilakukan.

       Penelitian ini dilakukan di Dwi Gallery Studio. Teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi, wawancara dan observasi, jenis penelitian deskriptip. Hasil dari analisis efektifitas strategi pemasaranmenunjukan adanya peningkatkan total penjualan dari tahun ke tahun dan dijadikan sebagai acuan efektifitas strategi pemasaran dalan persaingan antar perusahaan gallery studio.


Keywords


Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, UMKM, Dwi Gallery Studio, Daya Saing

References


Agyemang, A. (2016). Marketing Strategy And Marketing Performance: Does Strategy Affect Performance? International Journal of Advanced Engineering, Management and Science, 2(10).

Arifien, S. R. (2019). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing umkm. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 3(1).

Daun, I. N. (2019). Laporan Praktik Kerja Lapangan Bagian Adminisrasi Humas PT Cita Magugal Kreasi.

Dwityasari, R., & Pangestuti, E. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Batik Blimbing Malang. Universitas Brawijaya.

Ernawati, N., & Siswanto, S. (2018). Pengaruh Kesiapan Modal Dan Pemanfaatan E-commerce Terhadap Daya Saing Umkm Di Sleman Yogyakarta. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(2).

Kartika, D. (2019). Dwi Galery Studio.

Kusuma, T. W. (2015). Penerapan Strategi Pemasaran Yang Tepat Bagi Perusahaan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt. Hikmah Cipta Perkasajakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2(1).

Ladiku, A. T. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah (UKM)(Studi Kasus Pada Usaha Telur Ayam Kampung Salma Di Manado). IAIN Manado.

Lestari, P. A. (2010). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah Pakaian Muslim (Studi Kasus Pada UKM Pakaian Muslim Galis Design, Bogor, Jawa Barat). Institut Pertanian Bogor.

Mardia, D. (2021). Strategi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 294–300.

Martowinangun, K., Lestari, D. J. S., & Karyadi, K. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di Cv. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Co Management, 1(1), 139–152.

Moleong, L. J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Putri, D., Srikandi, A., & Sunarti, K. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 37(1).




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v9i1.4796

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index