PENGARUH STRATEGI PEMASARAN INTERNAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. CAPELLA MEDAN

Sahnan Rangkuti

Abstract


Pemasaran lebih dari sekedar kemampuan organisasi untuk memproduksi barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan, karena organisasi harus mengetahui bagaimana menyajikan tawaran yang lebih baik dipasar sasaran dari para pesaing pilihan dan keinginan yang sering berubah sehingga organisasi harus selalu siap menghadapi segala perubahan tersebut dan terus menerus meninjau dan memperbaiki penawaran. Untuk meraih keberhasilan dalam penerapan bauran pemasarannya, pemasar harus melihat lebih jauh bermacam-macam faktor yang mempengaruhi pembeli dan mengembangkan pemahaman mengenai bagaimana konsumen melakukan keputusan pembelian.
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran internal terhadap pengambilan keputusan pembeliankonsumen pada PT. Capella Medan.
Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linear sederhana, uji determinasi dan uji t, dengan bantuan alat uji SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menjawab rumusan masalah yaitu ada pengaruh produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan distribusi (X4) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y)padaPT. Capella Medan, dimana peningkatan bauran pemasaran akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui hasil Uji F dimana Fhitung = 45.740,sedangkan nilaiFtabel2.57sehingga Fhitung >Ftabel, atau H1diterimadan H0ditolaksehingga disimpulkan variabel produk, harga,promosidan distribusisecara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel pengambilan keputusan pembelian konsumen padaPT. Capella Medan.
Adapun dari hasil penelitian ini disarankan agar strategi pemasaran yang berkaitan dengan variabel bauran pemasaran perlu membuat langkah-langkah yang lebih maksimal untuk mendorong konsumen memutuskan pembelian kenderaan yang dipasarkan PT. Capella Medan. Selain itu perlu kiranya dilakukan penelitian lanjutan terhadap faktor lainnya yang diduga dapat mempengaruhi keputusanpembelian konsumen seperti situasi perekonomian atau bisnis, kebijakan pemerintah dan lain-lain
Keywords: Produk, Harga, Promosi, Distribusi dan Keputusan Pembelian Konsumen.




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v3i1.374

Article Metrics

Abstract view : 179 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index