ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BIKA AMBON MINI PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH KECAMATAN PERCUT SEI TUAN MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Bika Ambon Mini pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kecamatan Percut Sei Tuan Medan. Sumber data pada penelitian ini berasal dari wawancara dan observasi lapangan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dimana Bika Ambon Mini Medan dalam memasarkan produknya menerapkan konsep “strategi 5 p†diantaranya selalu merencanakan terlebih dahulu sebelum mendistribusikan ke suatu lalu mensurvey terlebih dahulu sebelum memasarkan ke daerah baru ataupun menambah varian Produk (product), menambahkan varian produk baru untuk “mengancam†para pesaing (ploy), memakai kongsinyasi dalam pemasaran produknya dan melakukan metode canvassing dalam mendistribusikan produknya (pattern), menerapkan strategi “Market Leader†untuk menentukan posisi di pasaran (position) dan dalam menjalankan usahanya (perspective). Strategi merupakan pemikiran yang hidup didalam benak para pembuat keputusan strategis dan seperti halnya ideologi atau budaya kemudian berusaha untuk dijadikan nilai bersama didalam suatu organisasi, dan dalam proses jual beli. Dalam melakukan pemasarannya Bika Ambon Mini Medan melakukan segmenting, targeting dan positioning, yaitu menciptakan produk untuk semua kalangan, menargetkan konsumen untuk umum dan memposisikan diri sebagai Market Leader di pasaran.
Â
Kata Kunci: Konsep Strategi 5P, Segmenting dan Targeting serta Market PositioningFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v8i1.3602
Article Metrics
Abstract view : 861 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 487 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate
JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :
MEMBER OF :
BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :
BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id
Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index