FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU SMARTFREN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Jaringan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Smartfren Pada Mahasiswa HKBP Nommensen Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan. Jumlah sampel dalam penelitian ini 99 responden dengan menggunakan sampel random sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji Asumsi Klasik yang terdiri dari Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas dan Uji Heterokedastisitas, Uji Regresi Linear Berganda dan Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas jaringan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Smartfren, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (2,822) > ttabel (1,98525) dan nilai signifikan variabel Kualitas jaringan 0,006 < 0,05. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Smartfren, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (3,269) > ttabel (1,98525) dan nilai signifikan variabel harga sebesar 0,002 < 0,05. Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Smartfren, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (3,114) > ttabel (1,98525) dan nilai signifikan variabel promosi adalah 0,002 < 0,05. Secara simultan diketahui bahwa Kualitas jaringan, Harga dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Smartfren pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan, hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung (68,000) > Ftabel (2,70) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005. Koefisien Determinasi diperoleh sebesar 0,682 artinya bahwa variabel keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh variabel kualitas jaringan, harga dan promosi sebesar 68,2%, sedangkan sisanya sebesar 31,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model ini seperti citra merek, kualitas produk dan lain sebagainya. Disarankan agar perusahaan terus meningkatkan kualitas jaringan, promosi dan harga yang sesuai.
Kata Kunci           : Kualitas Jaringan, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v7i2.3033
Article Metrics
Abstract view : 131 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 193 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate
JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :
MEMBER OF :
BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :
BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id
Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index