PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN XL HOME PADA PT. XL AXIATA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran dan harga terhadap keputusan pembelian produk XL Home pada PT. XL Axiata Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif regresi linier berganda dengan sample sebanyak 60 konsumen XL Home di Medan yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menyebarkan angket. Variabel strategi perusahaan memiliki nilai thitung > ttabel (3,887 > 2,00247), berarti strategi perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin baik strategi yang diterapkan perusahaan, semakin tinggi kecenderungan konsumen untuk memilih XL Home sebagai layanan internet rumah. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,938 menunjukkan bahwa 93,8% variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh strategi perusahaan dan harga, sedangkan sisanya 6,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Variabel harga memiliki nilai thitung > ttabel (3,416 > 2,00247), berarti harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian layanan XL Home, harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Koefisien regresi menunjukkan bahwa baik strategi perusahaan maupun harga memiliki hubungan positif dan signifikan dengan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,524 > 0,459. Permasalahan utama yang dihadapi oleh PT. XL Axiata Medan dalam meningkatkan keputusan pembelian layanan XL Home. Dalam industri telekomunikasi yang semakin kompetitif, perusahaan perlu menerapkan strategi pemasaran yang efektif serta menetapkan harga yang kompetitif agar tetap unggul di pasar. Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya diferensiasi strategi perusahaan dibandingkan dengan pesaing seperti Indihome, First Media, dan Biznet.
Kata Kenci : Strategi Pemasaran, Harga, Keputusan Pembelian, XL Home, PT. XL Axiata Medan.
Full Text:
PDFReferences
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50.
Budiharja, R. G. E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, 8(2), 133954.
Chandra, S.M. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Hotel Baliem Pilamo Di Wamena. Jurnal EMBA. 3. (3)
Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Bandung:Yayasan Kita Menulis.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Irfan, M., & Hariani, M. (2022). Role of Product Quality, Price and Product Technology Innovation to Increase Customer Loyalty. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(1), 6–10.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga. p125
DOI: https://doi.org/10.46576/jfeb.v3i2.6297
Article Metrics
Abstract view : 23 timesPDF – 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Economic Management and Business Terindeks pada:
Member of:
Journal Economic Management and Business Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : emanis@dharmawangsa.ac.id
Journal Economic Management and Business By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/index