IMPLEMENTASI WEBSITE LAMPU (LAYANAN ANTRIAN MUDAH DAN PRAKTIS UNTUK UMUM) MENGGUNAKAN METODE PARALLEL IMPLEMENTATION

Ninis Feronika Nastiti, Paminto Agung Christianto, Arochman Arochman Arochman

Abstract


Pelayanan publik Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Pekalongan, sebelumnya masih menggunakan sistem antrian manual yang menimbulkan berbagai kendala, seperti data rawan hilang atau rusak, sulit dilacak kembali, serta menyebabkan ketidakteraturan dan waktu tunggu yang panjang. Kondisi ini berdampak pada menurunnya efisiensi kerja pegawai dan kepuasan masyarakat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini menerapkan sistem LAMPU (Layanan Antrian Mudah dan Praktis untuk Umum) berbasis website dengan metode Parallel Implementation, yaitu menjalankan sistem manual dan sistem digital secara bersamaan dalam masa transisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Website LAMPU mampu mempercepat proses pelayanan, mengatur urutan antrian lebih tertib, serta meningkatkan kepuasan pengguna. Selain itu, fitur pencatatan log aktivitas memperkuat transparansi dan akuntabilitas instansi. Dengan demikian, metode parallel implementation terbukti efektif sebagai strategi transisi menuju layanan digital yang lebih efisien dan dapat dijadikan acuan bagi pengembangan layanan publik berbasis web di instansi pemerintahan lainnya.


Keywords


Pelayanan Publik, Implementasi Paralel, Website LAMPU, Antrian Digital

Full Text:

PDF

References


A. S. Andysah Putera Utama Siahaan1*, "Pengenalan Sistem Antrian Berbasis Web di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan," JURNAL HASIL PENGABDIAN MASYARAKAT (JURIBMAS) / Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), pp. 159-170 , 2024.

I. H. Kiki Kusumawati 1, "Sistem Informasi Antrian Online pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kelurahan Cipinang Besar Utara Jakarta Timur," Jurnal Satya Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 24-31 , 2020.

N. 1. E. Dio Andrianto Khispan1, "Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Antrian Pelayanan Administrasi Kepegawaian Berbasis Web Pada BKPSDMD Kota Jambi," Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer (JAKAKOM), vol. 5, no. 2, pp. 1595 -1604 , 2025.

A. F. R. (. Muhammad Fauzan Al-Baihaqi (1), "PenerapanParalelCut Over PadaPilotConversionUntuk Konversi SistemAdmisiUIN SunanKalijagaYogyakarta," JISKa, vol. 3, no. 3, p. 181 – 193 , 2019.

A. S. A. 2. S. M. 3. Y. D. 4. Edhy Poerwandono 1, "Implementasi Sistem Antrian Pasien Berbasis Website Pada Klinik Sehat Tamba Kelurahan Cilangkap," Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia , vol. 5, no. 2, pp. 346-361, 2024.

N. S. W. Feby Erawantini, "Implementasi Rekam Medis Elektronik dengan Sistem Pendukung Keputusan Klinis," Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT) , vol. 6, pp. 76-78, 2019.

A. Z. Andreas Dimas Setyoko1, "Perbandingan Efisiensi Proses CI/CD Multi-Lingkungan melalui Implementasi Paralel dan Berurutan," MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science , vol. 4, pp. 911-925 , 2024.

R. A. S. I. R. Y. H. Puja Enjelika Sefitri1, "Penerapan Sistem Antrian Online Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Padang," JIIC: JURNAL INTELEK INSAN CENDIKIA , vol. 2, no. 5, pp. 8071 - 8082 , 2025.

A. N. H. A’la Syauqi1, "Implementasi Komputasi Paralel untuk Optimalisasi Komputasi pada Aplikasi Transliterasi Huruf Latin ke Aksara Jawa," JOIN (Jurnal Online Informatika) , vol. 3, no. 1, pp. 29-35 , 2018.

M. * Aidillia Akhwany 1, "Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan (Simpel) Perizinan Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Riau," Journal Mahasiswa Pemerintahan (JMP), vol. 2, no. 1, pp. 136 -139, 2025.

D. Angraini, "KUALITASLAYANANPUBLIKDIGITALISASI (StudipadaDinasPenanamanModaldanPelayananTerpaduSatuPintu KotaPalembang)," JurnalAdministrativeRefor, vol. 11, no. 1, pp. 62-76, 2023.

E. A. Ash-shidiqqi, "PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL INDONESIA," Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan , vol. 17, no. 4, pp. 2775 - 2783 , 2023.

Y. I. A. I. A. Suci Widya Primadhani1*, " Sistem Pendaftaran Online sebagai Suatu Strategi Peningkatan Layanan Rumah Sakit : Literature Review," MPPKI Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia , vol. 6, no. 1, pp. 20-26, 2023.

T. M. Muhammad Iqbal1, "Digitalisasi Pelayanan Publik dalam Sektor Pelayanan Kependudukan," IAPA | Universitas Sriwijaya , pp. 62-68, 2024.

A. R. V. F. D. P. M. R. F. avinda Maharani1, "IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL," Universitas Djuanda Bogor , vol. 3, no. 11, pp. 12143-12155 , 2024.

d. N. R. F. Eko Junirianto 1), "PENGEMBANGAN APLIKASI ANTRIAN ONLINE REALTIME SAMARINDA," SEBATIK, pp. 513 -516, 2023.

U. H. F. L. S. Eko Yudianto Yunus1, "Efektivitas Pelayanan Admnistrasi Kependudukan Melalui Kanal Website Go Digital (GODIGI) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo," Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara , vol. 17, no. 01, pp. 66-75, 2023.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v6i3.7742

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ninis Feronika Nastiti, Paminto Agung Christianto, Arochman Arochman Arochman

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License