PERANCANGAN SISTEM PEMASARAN DIGITAL UMKM DENGAN PENDEKATAN UI/UX BERBASIS TEKNOLOGI CROSS PLATFORM

Bakti Bestin, Rudy Sofian, Ervie Nur Afifa Mukhlis, Rizka Oktaviani, Muhamad Fikri Hermawan, Alifia Khairun Nisa

Abstract


Perkembangan teknologi informasi mendorong perubahan signifikan pada strategi pemasaran, termasuk bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Namun, rendahnya literasi digital dan keterbatasan sumber daya masih menjadi hambatan utama dalam mengadopsi teknologi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan merancang sistem pemasaran digital berbasis cross-platform dengan pendekatan User Interface/User Experience (UI/UX) menggunakan metode Design Thinking. Teknologi Progressive Web App (PWA) dipilih untuk mengatasi perbedaan sistem operasi dan mempermudah pengelolaan aplikasi dengan single code base. Objek penelitian adalah mitra UMKM Rastore di Kota Bandung yang sebelumnya memasarkan produk melalui WhatsApp Status. Implementasi sistem dilakukan dengan bahasa pemrograman PHP menggunakan framework Laravel. Pengujian dilakukan dengan System Usability Scale (SUS) dan blackbox testing. Hasil menunjukkan skor SUS sebesar 72,25 dengan kategori Good, yang menandakan aplikasi dapat diterima pengguna. Sementara itu, pengujian blackbox menunjukkan 100% fungsional tanpa ditemukannya bug. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa model pemasaran digital berbasis teknologi cross-platform yang mampu meningkatkan efektivitas promosi UMKM serta menjadi solusi bagi keterbatasan literasi digital

Keywords


Pemasaran Digital; PWA; UI/UX; Design Thinking; Cross Platform

Full Text:

PDF

References


S. Prayitno, “Komunikasi Pemasaran Global Terpadu: Tantangan di Era Digital,” J. Strateg. Commun., vol. 12, no. 1, 2021, doi: 10.47467/alkharaj.v6i6.1405.

P. Sukmasetya, T. Haryanto, F. A. Sadewi, R. B. G. Maulida, H. S. Aliudin, and B. Sugiarto, “Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry,” Community Empower., vol. 5, no. 2, pp. 28–35, 2020, doi: 10.31603/ce.v5i2.3514.

N. H. Istiqomah, “Transformasi Pemasaran Tradisional Ke E-Marketing: Tinjauan Literatur Tentang Dampak Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Daya Saing Pemasaran Bisnis,” J. Ekon. Syariah Darussalam, vol. 4, no. 2, 2023.

Cathlin Alverina, “Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Bakery Tenggilis,” J. Bisnisman Ris. Bisnis dan Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 73–94, 2024, doi: 10.52005/bisnisman.v6i1.215.

S. A. Faujianto, Ajid Indrayana, Ahadiati Rohmatiah, and Mutmainah, “Pengaruh Efisiensi Pemesanan, Kemudahan Pemasaran, Dan Penetapan Harga Pada Penggunaan E – Katalog Terhadap Perkembangan Umkm Di Kabupaten Magetan,” JAMER J. Akunt. Merdeka, vol. 4, no. 1, pp. 33–45, 2023, doi: 10.33319/jamer.v4i1.96.

N. R. Arumsari, N. Lailyah, and T. Rahayu, “Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang,” SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknol. dan Seni bagi Masyarakat), vol. 11, no. 1, p. 92, 2022, doi: 10.20961/semar.v11i1.57610.

B. E. Supriyanto, “Mendorong Pertumbuhan Ekonomi lewat KUR dan Insentif UMKM,” Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Pembendaharaan.

N. Patria, “Kominfo Targetkan 30 Juta UMKM Adopsi Teknologi Digital pada 2024,” Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Accessed: Apr. 01, 2025. [Online]. Available: https://menpan.go.id/site/berita-terkini/berita-daerah/kominfo-targetkan-30-juta-umkm-adopsi-teknologi-digital-pada-2024

C. M. Khairunnisa, “Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper,” JAMIN J. Apl. Manaj. dan Inov. Bisnis, vol. 5, no. 1, p. 98, 2022, doi: 10.47201/jamin.v5i1.109.

D. A. Nur Wulandari, S. Sunarti, and T. Kuspriyono, “Design UI/UX Menggunakan Metode Design Thingking Pada Website UMKM Hendz Florist Aglonema,” J. Infortech, vol. 5, no. 1, pp. 22–29, 2023, doi: 10.31294/infortech.v5i1.15376.

I. N. M. Adiputra, “Clustering Penyakit Dbd Pada Rumah Sakit Dharma Kerti Menggunakan Algoritma K-Means,” Inser. Inf. Syst. Emerg. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 99, 2022, doi: 10.23887/insert.v2i2.41673.

P. Widiatmoko and S. Wulandari, “Pengembangan Digital Marketing Berbasis Web Mobile Dalam Membantu UMKM,” Zo. J. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 208–221, 2024.

H. A. Rozzaqy, M. K. Sabariah, and M. Adrian, “Implementasi Desain Antarmuka Aplikasi MI-FIK dengan Pendekatan Multiplatform,” vol. 2, no. 1, pp. 52–60, 2024.

M. Ilhami, “Tren dan Peluang Cross-Platform Mobile App untuk Developer Pemula,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 402–411, 2021, doi: 10.24002/konstelasi.v1i2.4320.

T. I. Hasan, C. I. Silalahi, R. Y. Rumagit, and G. D. Pratama, “UI/UX Design Impact on E-Commerce Attracting Users,” Procedia Comput. Sci., vol. 245, no. C, pp. 1075–1082, 2024, doi: 10.1016/j.procs.2024.10.336.

N. P. N. Anggraini, N. W. Rustiarini, and I. K. S. B. Satwam, “Pemanfaatan Website Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 7, no. 1, p. 381, 2023, doi: 10.31764/jmm.v7i1.12150.

R. Pasaribu and A. Oktavia, “Analisis Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Kota Medan,” J. Econ. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 50–60, 2021, doi: 10.36655/jeb.v2i1.495.

Silvia Ayu Larasati, Anandyatiwi Istiqomah, Anggrea Sekar Ramadani, Azulfatun Khoiriyah, and Denny Oktavina Radianto, “Peran Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” CEMERLANG J. Manaj. dan Ekon. Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 321–332, 2024, doi: 10.55606/cemerlang.v4i2.2867.

Z. Abidin Achmad, T. Zendo Azhari, W. Naufal Esfandiar, N. Nuryaningrum, A. Farah Dhilah Syifana, and I. Cahyaningrum, “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik,” J. Ilmu Komun., vol. 10, no. 1, pp. 17–31, 2020, doi: 10.15642/jik.2020.10.1.17-31.

U. Hartono, A. Kistyanto, F. Fatoni, Y. Isbanah, and I. D. C. Arifah, “Peningkatan Pangsa Pasar Umkm Batik Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital Berbasis Web,” J. Abdi Insa., vol. 9, no. 2, pp. 381–389, 2022, doi: 10.29303/abdiinsani.v9i2.540.

R. Rizabila Septianisya and T. Anggoro, “Implementasi Bisnis Digital dengan Perancangan Website E-Commerce untuk Usaha Kuliner Seblak Waja (Studi Kasus : Warung Seblak Waja),” Tri Anggoro Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, pp. 8406–8417, 2024.

K. Prasmadewa and R.- Tanone, “Perancangan Aplikasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah Berbasis Mobile Android (Studi Kasus : Sentra UMKM Tingkir Lor-Salatiga),” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 351–358, 2016, doi: 10.28932/jutisi.v2i3.513.

E. Hadiyati, , G., and I. Arwani, “Pelatihan Tata Kelola Pemasaran Produk Berbasis Mobile Marketing Ukm Industri Perak,” J. Pengabdi. Masy. Univ. Merdeka Malang, vol. 3, no. 2, 2018, doi: 10.26905/abdimas.v3i2.2590.

W. S. L. Nasution and P. Nusa, “UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method,” ARRUS J. Eng. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 18–27, 2021, doi: 10.35877/jetech532.

S. Soedewi, A. Mustikawan, and W. Swasty, “the Design Thinking Method Application on the Kirihuci Msme Website Design,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 2, pp. 79–96, 2022.

V. I. Pondaag et al., “Penerapan Design Thinking dalam Menghasilkan Usulan Rancangan Kemasan Ramah Lingkungan untuk UMKM Makanan dan Minuman Applying Design Thinking in Generating Eco-Friendly Packaging Design Recommendations for Food and Beverage MSMEs How to Cite : oleh Badan,” vol. 6, no. 1, pp. 103–124, 2023.

A. Amrullah, Y. Salim, and A. R. Manga, “Implementasi Progressive Web App Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Kinerja Aplikasi E-Commerce,” Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 2, no. 3, pp. 213–221, 2021, doi: 10.33096/busiti.v2i3.912.

H. Handayani, A. M. Ayulya, K. U. Faizah, D. Wulan, and M. F. Rozan, “Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Menggunakan Metode Agile Software Development,” J. Test. dan Implementasi Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 29–40, 2023, doi: 10.55583/jtisi.v1i1.324.

S. B. Atim, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Metode MARCOS dan Rank Order Centroid,” vol. 3, pp. 1–12, 2024.

F. Kusnadi, A. Aprilia, and N. Setyasmara, “Perancangan Prototype Aplikasi Perlindungan Wanita dengan Metode Design Thinking dan System Usability Scale,” J. Komputer, Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 1, p. 16, 2025, doi: 10.53697/jkomitek.v5i1.2665.

N. F. Az-Zahrah and C. I. Ratnasari, “Pengembangan ‘Pinter Aksara Jawa’: Gim Edukasi Aksara Jawa Untuk Anak Berbasis Android,” Technol. J. Ilm., vol. 16, no. 3, p. 630, 2025, doi: 10.31602/tji.v16i3.19819.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v6i3.7466

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bakti Bestin, Rudy Sofian, Ervie Nur Afifa Mukhlis, Rizka Oktaviani, Muhamad Fikri Hermawan, Alifia Khairun Nisa

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License