DIGITAL TRANSFORMATION DESIGN: MODERNIZATION OF ISLAMIC EDUCATION MELALUI FLASCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA PAUD

Khairunnisa JV, Saruddin Saruddin, Rismayanti Rismayanti

Abstract


Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode pembelajaran konvensional yang bersifat monoton dinilai kurang efektif dalam menarik minat belajar anak, khususnya dalam pembelajaran pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis flashcard Augmented Reality (AR) guna meningkatkan pemahaman dan daya ingat anak usia dini terhadap materi pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan di PAUD TKQ Madani, Sumatera Utara, dengan pendekatan observasi, wawancara, serta uji coba media. Hasil pengembangan berupa flashcard AR dengan teknologi Marker-Based yang menampilkan materi keislaman seperti huruf hijaiyah, doa harian, tata cara wudhu, dan rukun Islam dalam bentuk visual 3D dan animasi interaktif. Implementasi media ini menunjukkan peningkatan minat belajar, daya ingat, dan keterlibatan siswa secara signifikan. Kesimpulannya, media flashcard berbasis AR merupakan solusi inovatif yang efektif dalam mendukung pembelajaran pendidikan Islam yang menarik, menyenangkan, dan sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini di era digital.


Full Text:

PDF

References


C. Atikah, I. Rusdiyani, dan R. Ridela, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Tema Binatang Purba Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B (5-6) Tahun di TK Tunas Insan Kamil Kota Serang,” JEA (Jurnal Edukasi AUD), vol. 9, no. 2, hal. 89–101, 2023, doi: 10.18592/jea.v9i2.9326.

N. Abidin dan A. F. Haq, “Aplikasi Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, hal. 95–102, 2023, doi: 10.32672/jnkti.v6i1.5807.

H. A. Putri dan Hibana, “Menciptakan Lingkungan Belajar Aman dan Nyaman di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini,” Kiddo J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, hal. 754–767, 2024, doi: 10.19105/kiddo.v1i1.14536.

T. Fathoni, “Mengintegrasikan Prinsip Froebel Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Era Modern,” J. Mentari, vol. 4, no. 1, hal. 38–47, 2024.

Y. G. Viollita, I. Ratniarsih, dan B. W. Sulistyo, “Rancangan Futuristik pada Bentuk Bangunan Pusat Pengembangan Desain Digital di Surabaya,” Tekstur (Jurnal Arsitektur), vol. 1, no. 2, hal. 117–126, 2020, doi: 10.31284/j.tekstur.2020.v1i2.1124.

H. Yusup, A, A. Azizah, S. Reejeki, Endang, dan S. Meliza, “Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial,” JPI J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 5, hal. 1–13, 2023, doi: 10.59818/jpi.v3i5.575.

D. Armila, S. Mariada, V. Nabilah Efendy, dan M. Yamin, “Pengembangan Media Flashcard Huruf Hijaiyyah Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran PAI,” vol. 4, no. 2, hal. 1394, 2024.

C. Anggreani dan A. Satrio, “Pengembangan Flashcard Berbasis Augmented Reality untuk Anak Usia Dini,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 6, hal. 5126–5135, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1639.

Khairunnisa, S. Sundari, dan Rismayanti, “Desain Metaverse : Media Promosi FTK UNHAR Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless User Defined Target,” J. Unitek, vol. 17, no. 1, hal. 2580–2582, 2024.

O. Hardiyantari dan S. Fatmawati, “Flash Card Sex Education Berbasis Augmented Reality Untuk Anak Pada Tahap Pra-Operasional,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 11, no. 2, hal. 204–211, 2021, doi: 10.24176/re.v11i2.5443.

S. D. Andriana dan F. Damayanti, “Desain Metaverse : The Future of Tourism Pariban Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless User Defined Target,” J. Unitek, vol. 16, no. 2, hal. 172–182, 2023, doi: 10.52072/unitek.v16i2.668.

S. Maisaroh, A. Sirumapea, dan G. T. Nur Islam, “Media Pembelajaran Mari Menghafal Do’a Harian Menggunakan Augmented Reality di PAUD Delima Kebon Jahe,” J. Sisfotek Glob., vol. 11, no. 1, hal. 21, 2021, doi: 10.38101/sisfotek.v11i1.340.

S. Ariama dan F. C. Adrin Burhendi, “Pengembangan Website Sebagai Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Materi Listrik Dinamis,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 13, no. 2, hal. 181–190, 2022, doi: 10.26877/jp2f.v13i2.12132.

K. Anafi, I. Wiryokusumo, dan I. P. Leksono, “Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3D,” J. Educ. Dev., vol. 9, no. 4, hal. 433–438, 2021.

M. Menrisal dan I. Wijaya, “Pengembangan aplikasi media pembelajaran perangkat komputer berbasis augmented reality (AR),” J. Konseling dan Pendidik., vol. 10, no. 1, hal. 119, 2022, doi: 10.29210/177400.

N. R. Vivien Pitriani, I. G. A. D. Wahyuni, dan I. K. P. Gunawan, “Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 3, hal. 515–532, 2021, doi: 10.37329/cetta.v4i3.1417.

B. Muqdamien, U. Umayah, J. Juhri, dan D. P. Raraswaty, “Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun,” Intersections, vol. 6, no. 1, hal. 23–33, 2021, doi: 10.47200/intersections.v6i1.589.

L. Nuraeni et al., “Penerapan Teknologi AR (Augmented Reality) dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan STEM-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0),” Indones. Res. J. Educ. Web J. Indones. Res. J. Educ., vol. 4, hal. 3173–3178, 2024.

E. Taofik Khoer, A. Supriatman, dan R. Hartono, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Kelom Geulis Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Marker Based Tracking Untuk Meningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, hal. 2097–2105, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i2.9389.

M. Faizal Nazarudin et al., “Pembuatan Aplikasi Mobile Augmented Reality Untuk Visualisasi Rumah Adat Berbasis Unity,” J. Manaj. Inform. Jayakarta, vol. 4, no. 4, hal. 315–342, 2024, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta

R. Rahmat dan N. Noviyanti, “Augmented Reality untuk Materi Bangun Ruang Menggunakan Unity 3D, Vuforia SDK dan Aplikasi Blender,” J. Tika, vol. 5, no. 3, hal. 86–92, 2021, doi: 10.51179/tika.v5i3.59.

E. Rambu Banja Uru, Pi. Alfa Ray Leo Lede, dan T. Dewi N.B. Mira, “Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Buah Dan Sayur Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Anak Usia Dini Di Tk Fioretti Kambajawa,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 6, hal. 11593–11597, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i6.11489.

Y. Fadillah P, D. Handayani, A. Fathurrozi, D. Yusuf, M. Yasir, dan A. Hidayat, “Penerapan Teknologi Augmented Reality 3D Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini,” J. Comput. Sci. Contrib., vol. 5, no. 1, hal. 66–76, 2025, doi: 10.31599/wc5yvt65.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v6i2.7335

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Khairunnisa jv

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License