PENINGKATAN BRAND AWARENESS PADA SOSIAL MEDIA INSTAGRAM UNGGUL SMART LIVING MENGGUNAKAN METODE SOSTAC

Firman Yudianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness pada akun Instagram @unggulsmartliving dengan menerapkan metode SOSTAC (Situation, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control). Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dimulai dengan analisis situasi menggunakan wawancara, Instagram Insight, analisis kompetitor, dan SWOT. Strategi ditetapkan melalui pendekatan STP dan taktik dirancang dengan 4P Marketing Mix. Implementasi dilakukan melalui penjadwalan konten secara konsisten dengan memanfaatkan fitur Reels, Stories, dan interaksi langsung dengan audiens. Evaluasi menggunakan Key Performance Indicators (KPI) menunjukkan peningkatan signifikan: followers meningkat 88,6%, jangkauan akun 31,2%, kunjungan profil 49,2%, tayangan 58,0%, dan interaksi audiens 73,8%. Hasil ini membuktikan bahwa metode SOSTAC efektif dalam membangun kesadaran merek secara digital bagi brand baru seperti Unggul Smart Living.


Keywords


SOSTAC, Brand Awareness, Instagram, Strategi Digital, KPI

Full Text:

PDF

References


P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 9th ed. Pearson Education Inc., 2016.

B. Kleindl and J. L. Burrow, E-Commerce Marketing. South-Western Educational Pub., 2005.

R. Sanjaya and J. Tarigan, Creative Digital Marketing: Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif, dan Berdaya Hasil Gemilang. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.

C. Machando and J. P. Davim, Theory and Application of Business and Management Principles. Switzerland: Springer International, 2016.

D. Chaffey, “SOSTAC Marketing Planning Model Guide,” Smart Insights, 2015. [Online]. Available: https://www.smartinsights.com. [Accessed: Jul. 13, 2025].

Mustofa, “Peran Hashtag (#) Dalam Media Sosial Sebagai Upaya Branding Pustakawan,” Libraria, vol. 7, no. 1, pp. 19–38, 2019.

D. K. Soedarsono, B. Mohamad, A. A. Adamu, and K. A. Pradita, “Managing Digital Marketing Communication of Coffee Shop Using Instagram,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 14, no. 5, 2020.

E. Octaviana, Z. Zahara, P. Ponirin, and F. Farid, “Peran content marketing instagram sebagai strategi menumbuhkan brand awareness pada usaha springshop_plw,” J. Ilm. Manaj. Ekon. & Akuntansi (MEA), vol. 8, no. 3, pp. 289–304, 2024.

F. Kurniawan, B. Srigati, and D. R. Rahmayanti, “Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Pada Akun Instagram @Enowcustom,” MASSIVE: J. Ilmu Komunikasi, vol. 2, no. 1, pp. 27–37, 2022.

N. R. Wiwesa, D. Pramulia, and R. Setiawati, “Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Dalam meningkatkan Kesadaran Merek Melalui Instagram (Studi Kasus Salah Satu Kedai Kopi Di Depok Jawa Barat),” J. Adm. Bisnis Terapan (JABT), vol. 4, no. 2, pp. 4, 2022.

S. Yumna, M. Musfiana, A. Razak, and A. Mustofa, “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Pada Toko Lyradyba Di Kota Banda Aceh,” Liabilities (J. Pendidik. Akuntansi), vol. 6, no. 1, pp. 20–28, 2023.

V. Indriyani and H. Setiawan, “Perancangan Digital Marketing Melalui Instagram Pada Gerabah Banyuasin,” J. Pesona Sriwijaya, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2022.

I. W. K. Y. Prawiraa, I. M. Sukarsaa, and A. A. N. H. Susilaa, “Analisis dan implementasi strategi e-marketing berbasis metode SOSTAC pada perusahaan XYZ,” JITTER: J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 2, pp. 625–636.

Z. Rifai, H. Faqih, and M. Dwi, “Metode SOSTAC Untuk Penyusunan Strategy Digital Marketing pada UMKM Dalam Menghadapi Pandemi dan Pasca Pandemi,” J. Sains Manaj., vol. 9, no. 1, pp. 1–13, 2021.

D. P. Lestari and A. A. Nugroho, “Pemanfaatan Instagram sebagai media pemasaran digital produk UMKM,” J. Komun. dan Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 45–54, 2021.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v6i2.7238

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 FIRMAN - YUDIANTO

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License