ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MICROSOFT TEAMS DI UNIVERSITAS XYZ MENGGUNAKAN METODE TAM

Anthony Irawan, Zaynulia Afifa, Johan Davidson, Helen Febriana, Angelica Giany

Abstract


Transformasi pembelajaran digital di perguruan tinggi semakin pesat, terutama setelah pandemi COVID-19 yang mendorong penggunaan platform daring seperti Microsoft Teams. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan dan kepuasan mahasiswa Universitas XYZ terhadap penggunaan Microsoft Teams dalam proses belajar. Model Technology Acceptance Model (TAM) digunakan dengan empat variabel utama: Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEOU), Behavioral Intention to Use (BI), dan Actual System Use (AS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 345 responden melalui metode stratified disproportional random sampling. Data dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM–PLS) untuk menguji validitas, reliabilitas, dan hubungan antar variabel. Hasil menunjukkan bahwa PU dan PEOU berpengaruh signifikan terhadap BI, yang kemudian berdampak positif terhadap AS. Semua hipotesis terbukti valid secara statistik. Temuan ini menegaskan bahwa persepsi terhadap kegunaan dan kemudahan penggunaan Microsoft Teams sangat berperan dalam meningkatkan intensi dan penggunaan aktual, yang mendukung kepuasan pengguna. Studi ini memberikan rekomendasi bagi institusi pendidikan untuk mengoptimalkan Microsoft Teams dalam pembelajaran digital berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


I. Fauzi and I. H. Sastra Khusuma, “Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions,” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 58–70, Jun. 2020, doi: 10.25217/ji.v5i1.914.

A. C. Dewi, A. Aidin Akbar, D. Ramadhansyah, M. A. Aqsa, N. F. Amra, and R. U. Salsabila, “Pengaruh Efektivitas Tingkat Pemahaman Mahasiswa terhadap Metode Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring),” 2023.

A. Azmi, W. Wildan, M. Muntari, and Y. Andayani, “Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram Tahun 2021,” Chemistry Education Practice, vol. 5, no. 1, pp. 66–70, May 2022, doi: 10.29303/cep.v5i1.3154.

F. Hikmah, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN DARING,” Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 103–108, 2021.

H. Adynata, P. Pratama, H. M. Universitas, and L. Mangkurat, “Pemanfaatan Microsoft Teams Sebagai Learning Management System Untuk mendukung Pebelajaran Kolaboratif,” Journal of Instructional Technology J-INSTECH, vol. 4, no. 2, pp. 47–57, Jun. 2023.

Z. Zulpa and E. S. Panjaitan, “Evaluasi Kesuksesan dan Penerimaan Microsoft Teams Pendekatan Model UTAUT, Delone & Mclean, Hot Fit,” remik, vol. 7, no. 1, pp. 11–23, Jan. 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.11903.

M. L. Kari, Y. Bare, O. Yoseph, and T. Mago, “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS,” Jurnal Ilmu Kependidikan, vol. 10, no. 2, pp. 63–72, 2021.

F. D. Davis, “A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information Systems,” 2014. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/35465050

T. Irawati, E. Rimawati, and N. A. Pramesti, “Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses),” Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise, vol. 4, no. 2, pp. 106–120, Jan. 2020, doi: 10.34010/aisthebest.v4i02.2257.

B. A. Stefany, F. M. Wibowo, and C. Wiguna, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM),” Journal of Information Systems and Informatics, vol. 3, no. 1, 2021, [Online]. Available: http://journal-isi.org/index.php/isi

W. Li and Y. Fah Lay, “Examining the Reliability and Validity of Measuring Scales related to Informatization Instructional Leadership Using PLS-SEM Approach,” DINAMIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, pp. 12–32, 2024, doi: 10.30595/Dinamika/v16i1.19768.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v6i2.6873

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 anthony irawan, zaynulia afifa, johan davidson, helen febriana, angelica giany

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License