PERANCANGAN APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: SMPN 2 KESESI)

Marshela Afiani, Akbar muzija

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk merancang sistem informasi perpustakaan berbasis web di lingkungan SMP Negeri 2 Kesesi. Sistem ini dikembangkan untuk meningkatkan efektivitas proses peminjaman dan pengembalian buku, pengelolaan denda keterlambatan, serta manajemen stok buku yang sebelumnya dilakukan secara manual. Metode yang digunakan adalah design thinking, sebuah pendekatan kreatif yang berfokus pada pemahaman kebutuhan pengguna dan penciptaan solusi yang sesuai. Tahapan penelitian meliputi pembuatan prototipe sistem, pengujian menggunakan metode Single Ease Question (SEQ), serta analisis hasil untuk mengevaluasi kemudahan dan efektivitas penggunaan sistem. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem ini dapat meningkatkan efisiensi layanan, memberikan solusi praktis, dan memenuhi kebutuhan siswa serta pengelola perpustakaan. Implementasi sistem diharapkan dapat membuat layanan perpustakaan menjadi lebih modern dan profesional, serta mendukung proses pembelajaran. Sistem ini juga memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut, seperti integrasi dengan sistem akademik sekolah dan penambahan fitur pelaporan yang lebih lengkap.


Keywords


Sistem Informasi Perpustakaan, Design Thinking, Prototipe, Pengujian SEQ, Manajemen Buku

Full Text:

PDF

References


A. Sabika, F. Wahid, F. Saphira Farhani, and N. Setiani, “Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking,” Ranc. Purwarupa Apl. Unib. Menggunakan Metod. Pendekatan Des. Think., no. Agustus, p. 5, 2017, [Online]. Available: http://www.marketeers.com

Y. T. Wicaksono, Muhammad Adi; Rokhmawati, Retno Indah; Mursityo, “Evaluasi dan Perbaikan User Interface Aplikasi Perpustakaan Digital menggunakan Usability Testing dan Design Thinking (Studi Kasus : ePusda Kabupaten Karanganyar),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 14, pp. 3111–3120, 2023.

Andri Febriansyah and M. Rudy Sanjaya, “Pengembangan Website Ruang Baca Fasilkom Universitas Sriwijaya Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 6, no. 1, pp. 79–87, 2023, doi: 10.36595/jire.v6i1.845.

M. P. Sari, S. Setiawansyah, and ..., “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Menggunakan Metode Fast (Framework for the Application System Thinking)(Studi Kasus: Sman 1 Negeri …,” … Dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 69–77, 2021, [Online]. Available: https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1136%0Ahttps://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/viewFile/1136/361

F. Risyda et al., “Perancangan UI / UX Aplikasi Perpustakaan Digital Berbasis Web dengan Pendekatan Metode Design Thinking,” vol. 9, no. 2, pp. 67–77, 2025.

I. M. Putra and D. R. Indah, “Implementasi Metode Design Thinking Dalam Aplikasi Giwang Sumsel,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 6, pp. 688–697, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.872.

H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.

A. Rayhaan Yusri, I. Faqihuddin Hanif, M. Daffa Al-farel, N. Zaandami, and M. Yasin, “Perancangan Desain UI/UX Berbasis Scan Barcode Dengan Metode Design Thinking Untuk Pemesanan Makanan,” Bull. Inf. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 102–113, 2024, doi: 10.47065/bit.v5i2.1340.

K. Hasna, M. Defriani, and M. H. Totohendarto, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Redesign User Interface Dan User Experience Pada Website Eclinic Menggunakan Metode Design Thinking,” Media Online, vol. 4, no. 1, pp. 84–92, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1072.

A. Widiyanto, I. Hidayat, M. L. Diwani, R. A. Hurairah, and S. Nurlela, “Partisipasi Bengkel Motor Konvensional Dalam Digital Marketing Dengan Mengimplementasikan Design Thinking,” J. Pariwisata Bisnis Digit. dan Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 97–103, 2023, doi: 10.33480/jasdim.v2i2.4240.

R. Alamsyah, I. Maruf Nugroho, and S. Alam, “REDESIGN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI WASTU MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana 123,” Syariful Alam J. Ilm. Betrik, vol. 13, no. 02, pp. 152–159, 2022.

G. P. Sutrisno, Y. Sumaryana, and M. Hikmatyar, “Designing User Interface and User Experience of Mobile-Based Nguriling Kota Tasik (Ngulisik) Bus E-Ticket Application With Design Thinking Method,” Antivirus J. Ilm. Tek. Inform., vol. 17, no. 1, pp. 97–110, 2023, doi: 10.35457/antivirus.v17i1.3047.

S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.

D. F. Aryansyah, P. Sokibi, and R. Fahrudin, “Perancangan Design UI/UX Aplikasi Penjualan Store Pakaian Dengan Metode Design Thinking Berbasis Android,” J. Manaj. Inform. Sist. Inf. dan Teknol. Komput., vol. 2, no. 1, pp. 128–135, 2023, doi: 10.70247/jumistik.v2i1.19.

A. R. Pradana and M. Idris, “Implentasi User Experince Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Pros. Autom., vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2021.

N. N. Arisa, M. Fahri, M. I. A. Putera, and M. G. L. Putra, “Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknika, vol. 12, no. 1, pp. 18–26, 2023, doi: 10.34148/teknika.v12i1.549.

T. B. Ayu and N. Wijaya, “Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Prototype Aplikasi Payoprint Berbasis Android,” MDP Student Conf., vol. 2, no. 1, pp. 68–75, 2023, doi: 10.35957/mdp-sc.v2i1.4065.

K. Angelina, E. Sutomo, and V. Nurcahyawati, “Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Tematik, vol. 9, no. 1, pp. 70–78, 2022, doi: 10.38204/tematik.v9i1.915.

M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” Log. J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 839–853, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2193

I. B. Karo Sekali, C. E. J. . Montolalu, and S. A. Widiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 53–64, 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.17.

E. Ardila, C. Aminuallah, and S. Informasi, “Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknologiterkini.org, vol. 2, no. 12, pp. 2022–2023, 2022, [Online]. Available: https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1597

D. M. Alfirahmi, D. S. Kania, and D. Yusup, “Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Sampah Plastik Menggunakan Pendekatan Design Thinking,” J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 3, pp. 219–233, 2023.

H. S. Jurnal, A. Muzija, and S. Rohman, “Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia Penerapan design thinking untuk perancangan aplikasi wisata di Kawasan Wisata Taman Nasional Halimun Salak,” vol. 19, no. April, 2025.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v6i2.6633

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF – 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Marshela Afiani, Akbar muzija

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License