PENGEMBANGAN CHATBOT MENGGUNAKAN ALGORITMA NEURAL NETWROK UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN DITOKO KUE
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan chatbot yang memanfaatkan algoritma jaringan saraf untuk meningkatkan layanan pelanggan di toko kue. Komunikasi yang efektif selalu menjadi kebutuhan dasar manusia, dan munculnya teknologi digital telah mengubah aspek ini secara signifikan, khususnya melalui penerapan Kecerdasan Buatan (AI). Toko kue, yang menghadapi peningkatan permintaan selama acara-acara khusus, sering kali kesulitan memberikan respons dengan cepat dan akurat terhadap pertanyaan pelanggan tentang ketersediaan dan harga produk karena keterbatasan staf. Penerapan chatbot, yang didukung oleh teknologi jaringan saraf, memungkinkan respons otomatis yang meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Dengan memanfaatkan jaringan Memori Jangka Pendek Panjang (LSTM) untuk pemrosesan bahasa alami, chatbot menyediakan interaksi yang disesuaikan berdasarkan pertanyaan pelanggan. Penelitian ini melibatkan metodologi Waterfall terstruktur untuk desain, implementasi, dan pengujian chatbot, yang mencapai metrik kinerja yang penting dengan akurasi 92%, presisi 97%, dan recall 94%. Evaluasi dan pemeliharaan chatbot yang berkelanjutan sangat penting untuk peningkatan yang berkelanjutan, yang menggarisbawahi perannya dalam industri makanan dan keunggulan layanan pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, E. L., & Wibowo, D. W. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 137–142.
Chandra, A. A., Nathaniel, V., & Satura, F. R. (2022). Pengembangan Chatbot Informasi Mahasiswa Berbasis Telegram dengan Metode Natural Language Processing. Jurnal ICTEE, 3(1), 20–27. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jictee.v3i1.1886
Fadhilah, R., Maulani, M. R., Resdiana, W., & Hamidin, D. (2024). Integrasi Fitur Chatbot dalam Aplikasi Edukasi Kesehatan dan Kebugaran Menggunakan Algoritma Neural Network. Jurnal Kecerdasan Buatan Dan Teknologi Informasi, 3(3), 125–135. https://doi.org/10.69916/jkbti.v3i3.156
Hana, F. M. (2020). Klasifikasi Penderita Penyakit Diabetes Menggunakan Algoritma Decision Tree C4.5. Jurnal Sistem Komputer Dan Kecerdasan Buatan, 4.
Hanif, A. J., Farid, M. N., & Hasanah, B. (2023). Penerapan Natural Language Processing untuk Klasifikasi Bidang Minat berdasarkan Judul Tugas Akhir. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 41–49. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v5i1.196
Hasibuan, E., & Heriyanto, E. A. (2022). Analisis Sentimental Pada Ulasan Aplikasi Amazon Shopping Di Google Play Store Menggunakan Naive Bayer Classifier. JTS (Jurnal Teknik Dan Science), 1(3).
Hutama, R. C., Fauziah, & Komalasari, R. T. (2021). Aplikasi Chatbot Berbasis Teks menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier FAQ Grabads. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 6, 90–97. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/string.v6i1.9919
Mu’arif, S., & Saefurrohman. (2024). Perawatan Dan Konsultasi Pemeliharaan Burung Kenari Menggunakan Chatbot berbasis Dialogflow. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(3), 1237–1247. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i3.5296
Mubarok, M. I., & Abdi, M. (2024). Implementasi Natural Language Processing Dalam Perancangan AplikasiChatbot Pada Fiksi UMSU. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 8(6).
Nofiyani, & Wulandari. (2022). Implementasi Electronic Data Processing Untuk meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pada Teks Mining. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(3), 1621. https://doi.org/10.30865/mib.v6i3.4332
Prabowo, O. H., Merthayasa, A., & Saebah, N. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Manajemen Perubahan Pada Kegiatan Bisnis Di Era Globalisasi. Syntax Idea, 5(7). https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v5i7.2416
Purwitasari, N. A., & Soleh, M. (2022). Implementasi Algoritma Artificial Neural Network Dalam Pembuatan Chatbot Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing. Jurnal IPTEK, 6, 14–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31543/jii.v6i1.192
Sihombing, E. G., Arisawati, E., Dewi, L. S., Handayanna, F., & Rinawati, R. (2019). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Pada Pemilihan Toko Roti. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 3(2), 159–163. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v3i2.998
suwitono, Y. A., & Kaunang, F. J. (2022). Implementasi Algoritma Convolutional Neural Network (CNN) Untuk Klasifikasi Daun Dengan Metode Data Mining SEMMA Menggunakan Keras. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 6(2), 109–121. https://doi.org/10.31603/komtika.v6i2.8054
Yusuf, N., Pratama, N., & Al Irsyadi, Y. (2021). Perancangan Chatbot Islami untuk Aplikasi ChatAja. In Jurnal Teknik Elektro (Vol. 21).
DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v6i1.6166
Article Metrics
Abstract view : 11 timesPDF – 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Annisa Dwi Fitriana, Akhmad Fadjeri
DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783Â Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License