EFEKTIVITAS CLOUD COMPUTING DALAM PENYIMPANAN DATA BERBASIS SEKOLAH
Abstract
Cloud computing telah menjadi solusi utama dalam pengelolaan data yang efisien dan aman di lingkungan pendidikan, termasuk sekolah. Teknologi ini memungkinkan akses data yang cepat dan fleksibel, mengurangi ketergantungan pada perangkat penyimpanan lokal, serta memastikan keamanan data melalui fitur backup otomatis. Studi ini menyoroti efektivitas penerapan cloud computing dalam manajemen data sekolah, termasuk bagaimana teknologi ini mendukung operasional dan pembelajaran daring. Implementasi cloud computing membantu mempermudah akses terhadap materi pembelajaran digital dan meningkatkan efisiensi administrasi sekolah. Namun, tantangan seperti infrastruktur yang terbatas dan kebutuhan pelatihan pengguna tetap menjadi perhatian. Dengan langkah-langkah keamanan siber yang tepat dan pelatihan yang memadai, teknologi ini dapat memberikan manfaat optimal dalam meningkatkan kualitas pengelolaan data di sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Alfaruqi, R., Alfarisi, S., & Afrizal, T. (2022). Implementasi firebase cloud storage pada aplikasi e-commerce toko ktoys berbasis android. JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan), 2(03).
Elzahra, A., Saputra, R. A., Mutiara, E., Puspitasari, D., & Ramdhani, L. S. (2022). Optimasi Pencarian Data Varietas Tanaman Menggunakan Sistem Temu Kembali Pada Aplikasi BALITTRI Sukabumi. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 7(1).
Kurniawati, S., & Mursyidah, L. (2023). Efektivitas sistem informasi dalam pelayanan publik Desa Kalidawir Kabupaten Sidoarjo. Musamus Journal of Public Administration, 6(1), 613-630.
Nurcahyadi, I. (2022). Efektivitas Komunikasi Pustakawan dengan Pemustaka pada Layanan Unggah Mandiri di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Abdi Pustaka, 2(2), 493003.
Rambe, N., & Masithoh, D. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media WhatsApp Group terhadap Hasil Belajar Kompetensi IPA di Sekolah Dasar. Journal of Nusantara Education, 2(2), 46-52.
Rambe, N., & Masithoh, D. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media WhatsApp Group terhadap Hasil Belajar Kompetensi IPA di Sekolah Dasar. Journal of Nusantara Education, 2(2), 46-52.
Rambe, N., & Masithoh, D. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media WhatsApp Group terhadap Hasil Belajar Kompetensi IPA di Sekolah Dasar. Journal of Nusantara Education, 2(2), 46-52.
Razi, P., & Surayah, S. (2023). Efektivitas Electronic Module (E-Modul) Promosi Kesehatan untuk Meningkatkan Keterampilan Mencuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Sekolah di Panti Asuhan Abul Hasan Jambi. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 5(1), 4.
Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality Pada Guru SDN 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898-905.
Winaya, I. M. A., Wijaya, P. E. P., Sudiarta, I. N., & Sutika, I. M. (2022). Analisis Prisip-Prinsip Pengelolaan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) Reguler dalam Program Merdeka Belajar. Widya Accarya, 13(2), 133-144.
DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i3.5694
Article Metrics
Abstract view : 2 timesPDF – 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sabrina Aulia Rahmah, Ananda Hadi Elyas
DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783Â Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License