PENERIMAAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PONDOK PESANTREN TRADISIONAL UNTUK MENUJU SMART EDUCATION DI ACEH

Rahmat Musfikar, Reza Muksalmina, Maulana Alfaiz

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi menjadikan Pondok Pesantren memanfaatkannya untuk media pembelajaran misalnya dengan menggunakan website, menggiatkan dakwah melalui media sosial dan pembelajaran dengan model daring. Era society 5.0 merupakan sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Selain tuntutan kemampuan menguasai teknologi, era society 5.0 juga membutuhkan kemampuan humanities. Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang Pendidikan merupakan salah satu langkah awal menuju kepda Smart Education. Penerapan pembelajaran blended learning untuk menjadi smart education belum semua lembaga Pendidikan siap dan dapat menerimanya. Pada penelitian sebelumnya banyak dilakukan tentang pembelajaran blended learning pada lembaga Pendidikan formal. belum ada penelitian khusus yang membahas tentang model blended learning pada pesantren tradisional. Oleh karena itu, Penelitian ini berfokus pada bagaimana penerimaan pondok pesantren dalam menerapkan model pembelajaran blended learning untuk menuju ke smart education ke depan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah responden yang berasal dari terdiri dari dua pesantren tradisional yang ada di aceh. Dari tujuh hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model yaitu empat hipotesis di terima dan tiga hipotesis di tolak. Keempat hipotesis yang diterima adalah yang berhubungan dengan penerimaan dan kemanfaatan dalam menerapkan pembelajaran blended learning. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpul bahwa penerimaan model pembelajaran blended learning dapat diterima di pesantren tradisional di Aceh, tetapi dalam menerapkan nya pesatren tadsional di Aceh belum siap dikarena ada beberapa kendala yang di hadapi

Full Text:

PDF

References


Cahyadi, F. D., Suciati, S., & Probosari, R. M. (2012). Penerapan blended learning dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 4 Putra SMA RSBI Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4(1)

Chin, W. (1998). The Partial Least Squares Approach for Structural Equation Modeling in G.A Marcoulides (Ed.), Modern Methods for Business Research. London: Lawrence Erlbaum Associates

D. Ayatulloh Michael Musyaffi, Hera Khairunnisa and K. Respati, Konsep (2022) Dasar Structural Equation Model- Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLS. Tangerang Selatan: Pascal Books

Gambari, Amosa Isiaka, et al. (2018). "Effectiveness of blended learning and elearning modes of instruction on the performance of undergraduates in Kwara State, Nigeria." MOJES: Malaysian Online Journal of Educational Sciences 5.1: 25-36

Gio, Prana Ugiana.(2022) Partial least squares structural equation modeling (pls-sem) dengan software smartpls. Uwais Inspirasi Indonesia.

Hastini, Lasti Yossi, Rahmi Fahmi, and Hendra Lukito.(2020) "Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?." Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) 10.1: 12-28.

Hayati, Nur, and Mualim Wijaya.(2018) "Pengelolaan Pembelajaran Melalui Blanded Learning Dalam Meningkatkan Receptive Skill Peserta Didik di Pondok Pesantren." Palapa 6.2 : 1-18

Handalani, R. T., & Soesanto, H. (2022). EVALUASI PELATIHAN MODEL KIRKPATRICK DAN MODEL KEMP MENGGUNAKAN SEM-PLS: STUDI KASUS PELATIHAN BENDAHARA PENGELUARAN DI PROVINSI DKI JAKARTA TRAINING EVALUATION BASED ON THE KIRKPATRICK MODEL AND KEMP MODEL USING SEM-PLS: A CASE STUDY OF.

Indra, H. (2019). Revitalisasi Pendidikan Keagamaan Islam Era Digital 4.0. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 278-288.

Martín-García, Antonio Víctor.(2020) Blended learning: convergence between technology and pedagogy. Springer International Publishing

Musyaffi, Ayatulloh Michael, Hera Khairunnisa, and Dwi Kismayanti Respati. (2022) Konsep dasar structural equation model-partial least square (sem-pls) menggunakan smartpls. Pascal Books

Permana, Deni, et al.(2021) "Inovasi pembelajaran dengan model blended learning di masa pandemi covid 19 (studi kasus di sekolah berbasis pesantren smk maarif nu ciamis)." VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 1.1: 31-47

Rimawati, E., & Saptomo, W. L. Y. (2019). Analisis Diskriptif Technologi Acceptance Model pada Penerapan Blended Learning. Jurnal Ilmiah SINUS. https://doi. org/10.30646/sinus. v17i2, 420.

Saptomo, W. L. Y., & Rimawati, E. (2020). Path Analisis Technology Acceptance Model pada Penerapan Blended Learning. Jurnal Sains dan Informatika

Sarstedt, Marko, Christian M. Ringle, and Joseph F. Hair.(2021) "Partial least squares structural equation modeling." Handbook of market research. Cham: Springer International Publishing,. 587-632

Yaqin, Ainol, Lutfillah Lutfillah, and Roisul Muhtadin.(2021) "Strategi membangun ekonomi pesantren melalui sentralisasi kebutuhan fashion pada industri konveksi pondok pesantren Nurul Jadid." Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah 7.1 : 1-16




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i3.5227

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF – 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmat Musfikar

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor