PENERAPAN METODE FUZZY DALAM PENENTUAN REWARD KEPADA PELANGGAN PADA APLIKASI PEMESANAN MAKANAN BERBASIS MOBILE

Bima Hamdhika Irfy

Abstract


Di beberapa tempat seperti di kafe dan restoran, masih banyak yang menggunakan sistem pemesanan secara manual. Hal tersebut menjadi tidak efisien jika terjadi peningkatan jumlah pelanggan yang datang secara signifikan. Selain itu, menggunakan sistem pemesanan secara manual berpotensi menimbulkan kesalahan dalam pencatatan pesanan, sehingga mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan. Di sisi lain, persaingan di dalam bisnis makanan semakin ketat. Maka dari itu, para pelaku bisnis di bidang ini perlu memberikan nilai tambah kepada pelanggan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan memberikan reward kepada pelanggan yang sudah setia belanja ditempatnya. Untuk dapat menerapkan reward diperlukan sebuah sistem bernama sistem reward. Sistem reward ini akan dirancang menggunakan metode fuzzy Tsukamoto. Dengan menerapkan metode ini, sistem reward dapat secara otomatis mendistribusikan pemberian reward kepada pelanggan berdasarkan jumlah pembelian berkelipatan 5 dan total belanja. Output yang dihasilkan adalah sebuah aplikasi untuk perangkat android, yang dimana didalamnya terdapat sebuah sistem bernama sistem reward. Sistem ini akan mendistribusikan reward secara otomatis kepada pelanggan berdasarkan kontribusinya.

Full Text:

PDF

References


Andrian, R., Ardiansyah, & Fitria, M. (2020). RANCANGAN PROTOTIPE APLIKASI INFORMASI PENYEWA GEDUNG PERNIKAHAN DI BANDA ACEH. Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, Dan Elektro, 5(1), 27. https://jurnal.usk.ac.id/kitektro/article/view/15573

Anton, & Gusrianty. (2023). View of Implementasi Fuzzy Sugeno Sebagai Pendukung Keputusan Pengendalian Stok Barang Berbasis Mobile. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi. https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/jmapteksi/article/view/3934/

Chandra, G. S., & Tjandra, S. (2020). Pemanfaatan Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang. Journal of Information System, Graphics, Hospitality and Technology, 2(02), 76–81. https://doi.org/10.37823/INSIGHT.V2I02.109

Gunawan, R., Maulana Yusuf, A., Nopitasari, L., Stmik, R. 2 J., Kertabumi, N., 62, K., Kulon, K., Karawang, B., Karawang, K., & Barat, J. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM PRESENSI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN QR CODE BERBASIS ANDROID. Elkom: Jurnal Elektronika Dan Komputer, 14(1), 47–58. https://doi.org/10.51903/ELKOM.V14I1.369

Novitaria, A., & Rohmanu, A. (2023). SELEKSI CALON PENERIMA KARYAWAN DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO PADA PT ISS INDONESIA AREA NEW AHTC DELTAMAS BEKASI. Jurnal Informatika SIMANTIK, 8(2), 40–48. https://simantik-panca-sakti.ac.id/index.php/simantik/article/view/107

Sajiah, A. M., Sanjaya, R., & Pramono, D. B. (2023). Aplikasi Perkiraan Curah Hujan Kota Kendari Menggunakan Metode Interval Type-2 Fuzzy Logic System. Jurnal Fokus Elektroda: Energi Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Elektronika Dan Kendali), 8(2), 86–91. http://elektroda.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/77

Sanjaya, A., Wahyudi, J., & Arliando, Y. (2021). Penerapan Logika Fuzzy Sugeno untuk Menentukan Reward pada Game Edukasi Platformer Berbasis Android. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 174–179. https://doi.org/10.54367/MEANS.V6I2.1529

Stevianus, & Karla, E. (2022). Aplikasi Pemesanan Pakaian Olahraga Pada Apparel Store Berbasis Android. Liaison Journal of Engineering, 2(2), 21–26. https://ojs.iuli.ac.id/index.php/eng/article/view/57

TAUFIQ, R., & SARI, H. P. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO. Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang, 8, 6–10. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jt/article/view/1589

Yulianeu, A., & Oktamala, R. (2022). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TRAYEK ANGKUTAN UMUM DI KOTA TASIKMALAYA BERBASIS WEB. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN), 10(2). https://doi.org/10.51530/JUTEKIN.V10I2.669




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i3.4980

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF – 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bima Hamdhika Irfy

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor