PENGEMBANGAN TEKNOLOGI CHATBOT MENGGUNAKAN PLATFORM DIALOGFLOW SEBAGAI MEDIA LATIHAN PERCAKAPAN BERBAHASA INGGRIS

Eri Riana

Abstract


Dalam menghadapi persaingan di dunia yang semakin hari semakin ketat, terlebih pada era globalisasi seperti saat ini penguasaan bahasa inggris menjadi salah satu kunci untuk bisa sukses, tetapi beberapa orang merasakan  terlalu sulit dalam belajar. Diantara empat kemampuan berbahasa inggris mulai dari kemampuan writing, reading, listening dan conversation. Momok terbesar yang dialami oleh kebanyakan orang di Indonesia adalah kemampuan berbicara. Kemajuan dari teknologi informasi membawa  dampak positif  dari  cara  orang  dalam belajar  berbahasa  contohnya teknologi speech recognition yang dipergunakan didalam pengembangan alat pembelajaran. Namun terkadang alat pembelajaran yang ada mempunyai kekurangan. Penelitian jurnal ini bertitik beratkan  pada  pengembangan  teknologi chatbot  untuk latihan percakapan  berbahasa Inggris dengan  platform  Dialogflow  sebagai  mesin Artificial Intelligence. Evaluasi dan pengujian teknologi chatbot ini dilakukan oleh penulis untuk mengetahui indikator serta tingkat accuracy responses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua agen mencapai semua indikator dan sebagian besar mempunyai tingkat accuracy responses 94,1-100%. Dengan pemanfaatan teknologi chatbot dan platform dialogflow ini, selain diharapkan dapat meningkatkan kemampuan orang dalam berbahasa inggris juga dapat meningkatkan efisiensi waktu pembelajaran.

Kata Kunci: Dialogflow, Chatbot, Media latihan, Percakapan, Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


A. L. Maitri and J. Sutopo. (n.d.). Rancangan Bangun Chatbot Sebagai Pusat Informasi Lembaga Kursus Dan 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2976530. Pelatihan Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing.

Alexander Ryan Pandusadewa. (n.d.). Development of Conversation Application as English Learning using WebRTC. IEEE Access. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/8901654

Alice Kerly. (n.d.). Bringing chatbots into education: Towards natural language negotiation of open learner modelsNo Title. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0950705106001912#preview-section-cited-by

Alimudin, A., & Faizal, A. (2016). Pengembangan Aplikasi mobile Interaktif Narrative Text dan Storytelling Bahasa Inggris. Nusantara Journal of Computers and Its Applications, 1(4), 1–13.

Amalo, E. A., Agusalim, I. D., & Murdaningtyas, C. D. (2017). Developing Visual Novel Game With Speech-Recognition Interactivity To Enhance Students’ Mastery on English Expressions. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 129. https://doi.org/10.12962/j24433527.v10i2.2865

Assidiqi, M. H., Muhammad, A. F., & Aji, Z. K. (2016). a Tablet Screen Cast Receiver for Classroom With Low End Android Devices. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 14(2), 154. https://doi.org/10.12962/j24068535.v14i2.a567

Bahartyan, E., & Bahtiar, N. (2014). Web E-Commerce. Jurnal Masyarakat Informatika, 5(10), 34–43. http://pandorabots.com

Faizal M, A., & Alimudin, A. (2018). Penerapan Teknology Speech Recognition Untuk Latihan Pronunciation Bahasa Inggris Melalui Metode Dictation Di Program Studi Multimedia Broadcasting Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 3(1), 50–60. https://doi.org/10.36564/njca.v3i1.63

Hendra Heriansyah. (2012). SPEAKING PROBLEMS FACED BY THE ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF SYIAH KUALA UNIVERSITY. https://www.researchgate.net/publication/324195076_SPEAKING_PROBLEMS_FACED_BY_THE_ENGLISH_DEPARTMENT_STUDENTS_OF_SYIAH_KUALA_UNIVERSITY

L. A. Staeheli and D. Mitchell. (n.d.). The relationship between precision-recall and ROC Curves.

M. Aliv Faizal. (2016). The effects of conversation-gambits visual-novel game on students’ english achievement and motivation. IEEE. https://ieeexplore.ieee.org/document/7861054

Muhammad, A. F., & Alimudin, A. (2018). Developing web-based english reading-aloud practice app with dictation method using speech recognition technology. International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing, IES-KCIC 2018 - Proceedings, 268–273. https://doi.org/10.1109/KCIC.2018.8628497

Muhammad, A. F., Ekky Pratama, D., & Alimudin, A. (2019). Development of Web Based Application with Speech Recognition As English Learning Conversation Training Media. IES 2019 - International Electronics Symposium: The Role of Techno-Intelligence in Creating an Open Energy System Towards Energy Democracy, Proceedings, 571–576. https://doi.org/10.1109/ELECSYM.2019.8901594

Nabhan, S., & Hidayat, R. (2018). Investigating Literacy Practices in a University EFL Context from Multiliteracies and Multimodal Perspective: A Case Study. Advances in Language and Literary Studies, 9(6), 192. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.6p.192

Y. Bani Ahmad. (2018). STUDENT PERCEPTIONS ON ENGLISH PRONUNCIATION AFTER TAKING COURSE PHONETICS AND PHONOLOGY. Jurnal Pendidik. Unsika, 6, 12–16. https://www.semanticscholar.org/paper/STUDENT-PERCEPTIONS-ON-ENGLISH-PRONUNCIATION-AFTER-Ahmad/c37a1f7f6




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i3.4956

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF – 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eri Riana

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor