PENGEMBANGAN TEKNOLOGI CHATBOT MENGGUNAKAN PLATFORM DIALOGFLOW SEBAGAI MEDIA LATIHAN PERCAKAPAN BERBAHASA INGGRIS
Abstract
Dalam menghadapi persaingan di dunia yang semakin hari semakin ketat, terlebih pada era globalisasi seperti saat ini penguasaan bahasa inggris menjadi salah satu kunci untuk bisa sukses, tetapi beberapa orang merasakan terlalu sulit dalam belajar. Diantara empat kemampuan berbahasa inggris mulai dari kemampuan writing, reading, listening dan conversation. Momok terbesar yang dialami oleh kebanyakan orang di Indonesia adalah kemampuan berbicara. Kemajuan dari teknologi informasi membawa dampak positif dari cara orang dalam belajar berbahasa contohnya teknologi speech recognition yang dipergunakan didalam pengembangan alat pembelajaran. Namun terkadang alat pembelajaran yang ada mempunyai kekurangan. Penelitian jurnal ini bertitik beratkan pada pengembangan teknologi chatbot untuk latihan percakapan berbahasa Inggris dengan platform Dialogflow sebagai mesin Artificial Intelligence. Evaluasi dan pengujian teknologi chatbot ini dilakukan oleh penulis untuk mengetahui indikator serta tingkat accuracy responses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua agen mencapai semua indikator dan sebagian besar mempunyai tingkat accuracy responses 94,1-100%. Dengan pemanfaatan teknologi chatbot dan platform dialogflow ini, selain diharapkan dapat meningkatkan kemampuan orang dalam berbahasa inggris juga dapat meningkatkan efisiensi waktu pembelajaran.
Kata Kunci: Dialogflow, Chatbot, Media latihan, Percakapan, Bahasa Inggris
Full Text:
PDFReferences
A. L. Maitri and J. Sutopo. (n.d.). Rancangan Bangun Chatbot Sebagai Pusat Informasi Lembaga Kursus Dan 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2976530. Pelatihan Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing.
Alexander Ryan Pandusadewa. (n.d.). Development of Conversation Application as English Learning using WebRTC. IEEE Access. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/8901654
Alice Kerly. (n.d.). Bringing chatbots into education: Towards natural language negotiation of open learner modelsNo Title. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0950705106001912#preview-section-cited-by
Alimudin, A., & Faizal, A. (2016). Pengembangan Aplikasi mobile Interaktif Narrative Text dan Storytelling Bahasa Inggris. Nusantara Journal of Computers and Its Applications, 1(4), 1–13.
Amalo, E. A., Agusalim, I. D., & Murdaningtyas, C. D. (2017). Developing Visual Novel Game With Speech-Recognition Interactivity To Enhance Students’ Mastery on English Expressions. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 129. https://doi.org/10.12962/j24433527.v10i2.2865
Assidiqi, M. H., Muhammad, A. F., & Aji, Z. K. (2016). a Tablet Screen Cast Receiver for Classroom With Low End Android Devices. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 14(2), 154. https://doi.org/10.12962/j24068535.v14i2.a567
Bahartyan, E., & Bahtiar, N. (2014). Web E-Commerce. Jurnal Masyarakat Informatika, 5(10), 34–43. http://pandorabots.com
Faizal M, A., & Alimudin, A. (2018). Penerapan Teknology Speech Recognition Untuk Latihan Pronunciation Bahasa Inggris Melalui Metode Dictation Di Program Studi Multimedia Broadcasting Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 3(1), 50–60. https://doi.org/10.36564/njca.v3i1.63
Hendra Heriansyah. (2012). SPEAKING PROBLEMS FACED BY THE ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF SYIAH KUALA UNIVERSITY. https://www.researchgate.net/publication/324195076_SPEAKING_PROBLEMS_FACED_BY_THE_ENGLISH_DEPARTMENT_STUDENTS_OF_SYIAH_KUALA_UNIVERSITY
L. A. Staeheli and D. Mitchell. (n.d.). The relationship between precision-recall and ROC Curves.
M. Aliv Faizal. (2016). The effects of conversation-gambits visual-novel game on students’ english achievement and motivation. IEEE. https://ieeexplore.ieee.org/document/7861054
Muhammad, A. F., & Alimudin, A. (2018). Developing web-based english reading-aloud practice app with dictation method using speech recognition technology. International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing, IES-KCIC 2018 - Proceedings, 268–273. https://doi.org/10.1109/KCIC.2018.8628497
Muhammad, A. F., Ekky Pratama, D., & Alimudin, A. (2019). Development of Web Based Application with Speech Recognition As English Learning Conversation Training Media. IES 2019 - International Electronics Symposium: The Role of Techno-Intelligence in Creating an Open Energy System Towards Energy Democracy, Proceedings, 571–576. https://doi.org/10.1109/ELECSYM.2019.8901594
Nabhan, S., & Hidayat, R. (2018). Investigating Literacy Practices in a University EFL Context from Multiliteracies and Multimodal Perspective: A Case Study. Advances in Language and Literary Studies, 9(6), 192. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.6p.192
Y. Bani Ahmad. (2018). STUDENT PERCEPTIONS ON ENGLISH PRONUNCIATION AFTER TAKING COURSE PHONETICS AND PHONOLOGY. Jurnal Pendidik. Unsika, 6, 12–16. https://www.semanticscholar.org/paper/STUDENT-PERCEPTIONS-ON-ENGLISH-PRONUNCIATION-AFTER-Ahmad/c37a1f7f6
DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i3.4956
Article Metrics
Abstract view : 12 timesPDF – 16 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Eri Riana
DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783Â Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License