IMPLEMENTASI PENDUKUNG KEPUTUSAN METODE SAW UNTUK PENERIMAAN KIP

Peniel Sam Putra Sitorus

Abstract


Sekolah pendidikan di perguruan tinggi dalam negeri Indonesia sangat banyak bermunculan. Tingginya pembiayaan pendidikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta, mengakibatkan pemerintah Indonesia memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswi di perguruan tinggi dengan golongan yang tertentu saja. Pemberian beasiswa kepada perguruan tinggi memunculkan persaingan yang ketat, dimana peminat di indonesia sangatlah tinggi dalam pendaftaran beasiswa. Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah pada perguruan tinggi negeri dan swasta adalah beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP). Beasiswa dengan peminat yang tinggi tersebut maka menjadi tantangan bagi pihak yang mengelola beasiswa yang diberikan, untuk mengambil suatu keputusan dalam penerimaan beasiswa Kartu Indonesia Pintar di Perguruan Tinggi. Dalam penseleksian calon penerima beasiswa dibutuhkan metode dalam pengambilan keputusan dengan tepat, efisien dan akurat. Justru dalam penseleksian beasiswa supaya tepat, efisien dan akurat pasti memiliki kriteria-kriteria yang ditentukan pada perguruan tinggi itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penseleksian beasiswa kartu indoensia pintar yaitu metode Simple Additve Weighting (SAW), yang mana metode ini sederhana dan menghasilkan analisa yang tepat, efesien dan akurat berdasarkan kriteria-kriteria, bobot preferensi yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa metode simple additive weighting yang di implementasikan ke dalam penseleksian penerimaan kartu indonesia pintar di perguruan tinggi. Pada pengujiannya dengan metode simple additive weighting perhitungan bobot dengan konsep penjumlahan terbobot dari tiap alternatif dan semua atributnya. Hasil perhitungan dalam perankingan yang terbaik nilainya diperoleh dari semua alternatif yang digunakan, maka berhak menjadi penerima beasiswa kartu indonesia pintar (KIP) pada suatu perguruan tinggi. Dengan adanya metode simple additve wighting (SAW) dapat disimpulkan bahwa tepat, efesien akurat dan mempermudahkan penyeleksian penerimaan kartu indonesia pintar.

Keywords


Simpel additive Weigting (SAW); decision; Smart Indonesia Card (KIP);

Full Text:

PDF

References


Putri, N. A. Y., Subagio, R. T., & Asfi, M. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Mahasiswa KIP Kuliah dengan Penerapan Metode TOPSIS dan PROMETHEE. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(4), 1394-1404.

Holide, Y. A., WIDODO, D. W., & KASIH, P. (2022). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA JENIS BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING) BERBASIS WEBSITE (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Agustin, L. (2021). SISTEM INFORMASI PENERIMAAN BANTUAN PEMERINTAH MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA DESA HALIMPU KECAMATAN BEBER. JIKA (Jurnal Informatika), 5(3), 363-367.

Huda, M. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Beasiswa Mahasiswa Baru Pada Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).(Decision Support System For The Selection Of Scholarships Of New Students At Higher Education Institution Using The Simple Additive Weighting Method (Case Study: University 17 Agustus 1945 Surabaya)) (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)

Rema, Y. O. L., Kelen, Y. P., & Manek, S. S. (2022). Penepan Metode Simple Additive Weighting Untuk Menentukan Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi Di Universitas Timor. SAINTEKBU, 14(01), 45-50.

Prasetyo, A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Menggunakan Metode AHP dan VIKOR.

Ramadhani, F., Tandi, Y., Nurhuda, A., & Franz, A. (2023). Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Kurang Mampu dengan Menggabungkan Metode Analytical Hierarchy Process dan Simple Additive Weighting pada SMA Tunas Bangsa Bontang. JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), 8(1), 36-46.

Sari, M. R., Oriona, J., & Sutanti, I. N. F. (2023). Implementasi Metode SAW dalam Pemilihan Mahasiswa Penerima Beasiswa di Universitas Semarang. Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, 7(2), 1-8.

Hidayat, I., & Supriyadi, D. (2023). Penerapan Metode Simple Additive Weigthing Untuk Menentukan Penerima Beasiswa KIP Kuliah Berbasis Web. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 2(06), 1725-1733.

Maulida, D. (2022). Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Addtive Weighting (SAW) Pada Penerimaan Beasiswa Di UIN Ar-Raniry (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Putra, I. N. T. A., Sudipa, I. G. I., Jumariana, I. P. C., & Jun, Y. (2023). Penerapan Algoritma Copeland Score Sebagai Penunjang Penerimaan Beasiswa KIP Di Kampus Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia. Journal of Technology and Informatics (JoTI), 4(2), 57-62.

Wulandari, T. W. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM SELEKSI PENENTUAN PENERIMA BANTUAN KIP KULIAH DI STMIK MUHAMMADIYAH PAGUYANGAN BREBES MENNGUNAKAN METODE SAW. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI, 3(1), 8-14.

Rismayanti, S., Wibowo, S. A., & Pranoto, Y. A. (2021). Implementasi Kombinasi Metode Saw Dan Topsis Untuk Seleksi Beasiswa Kartu Indonesia Pintar. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(1), 349-356.

Rio, R., & Fadli, M. (2024). Seleksi Penerimaan KIP Mahasiswa Menggunakan Weighted Aggregated Sum Product Assesment. Journal of Information System Research (JOSH), 5(2), 554-561.

Ulandari, N. W. A., Suwirmayanti, N. L. G. P., & Putra, I. P. W. (2023). Seleksi Penerima Beasiswa pada ITB STIKOM Bali dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 92-98.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i2.4854

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF – 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Peniel Sam Putra Sitorus

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License