PEMANFAATAN APLIKASI iPUSNAS DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN UIN SUMATERA UTARA

Elsa Karenina Gulo, Muslih Fathurrahman

Abstract


Cara orang mendapatkan informasi telah berubah karena teknologi informasi dan komunikasi (TIK), termasuk perpustakaan yang kini beralih menjadi digital. iPusnas adalah salah satu aplikasi perpustakaan digital yang ada di Indonesia, yang dirancang untuk memudahkan akses informasi bagi masyarakat, termasuk mahasiswa. Pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian kualitatif ini. 10 mahasiswa ilmu perpustakaan UIN Sumatera utara diwawancarai guna mengumpulkan data untuk memahami pemanfaatan iPusnas dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. iPusnas dinilai mudah digunakan dan bermanfaat untuk kebutuhan akademik mahasiswa. Namun, terdapat beberapa kendala seperti kesalahan sistem, koleksi yang kurang lengkap, tidak adanya notifikasi pesan chatting, dan batas peminjaman buku yang rendah. Kendala-kendala ini mempengaruhi efektivitas penggunaan aplikasi oleh mahasiswa.  iPusnas memiliki potensi besar untuk mendukung kebutuhan akademik mahasiswa, namun belum optimal digunakan. Diperlukan peningkatan dalam sistem teknis, perluasan koleksi, penambahan notifikasi pesan chatting, dan revisi batas peminjaman buku untuk meningkatkan pemanfaatan aplikasi ini.

Keywords


iPusnas, perpustakaan digital, teknologi informasi, mahasiswa, UIN Sumatera Utara

Full Text:

PDF

References


Alhusna, F. N., &Masruroh, S. (2021). Model perilaku pencarian informasi dalam memenuhi kebutuhan informasi: Kajianliteratur. Indonesian Journal of Academic Librarianship, 5(1), 19–28. http://journals.apptisjatim.org/index.php/ijal/article/view/100/56

Amalia, I. S., Suryanto, T. L. M., & Wulansari, A. (2023). Dengan menggunakan Unified Theory of Acceptance and Technology Use, analisis faktor penerimaan aplikasi iPusnas (UTAUT). Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 9(1), 45–54. https://doi.org/10.25077/teknosi.v9i1.2023.45-54

Fauzan, & Ati, S. (2018). Analisis pemanfaatan aplikasi iPusnas berbasis Android di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 11–20. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22944

Fonna, D., Kala, Y., Ulina, R. M., Fatmawati, E., Fauzan, Ati, S., Maulana, Y. I., Mardiyanto, V., Yulinar, Y., Prastiwi, M. A., & Jumino, J. (2018). Evaluasi pemanfaatan aplikasi iPusnas terhadap kemudahan akses informasi perkuliahan mahasiswa angkatan 2015 Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(1), 1.

Galih, A. P. (2020). Keamanan Informasi (Information Security) Pada Aplikasi Perpustakaan IPusnas. AL Maktabah, 5(1), 10. https://doi.org/10.29300/mkt.v5i1.3086

Harmyanto, B., NurLatifaHanum, A., &Sahidi, S. (2023). Pengaruh loyalitas pengguna aplikasi iPusnas di kalangan mahasiswa Diploma 3 Perpustakaan FKIP Universitas Tanjung pura terhadap minat membaca buku digital. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 11(1), 65–74. https://doi.org/10.18592/pk.v11i1.9437

Hidayat, R. I. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi iPusnas Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Kecamatan Cileungsi .ABDI PUSTAKA: JurnalPerpustakaan Dan Kearsipan, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.24821/jap.v3i1.781

Kiasati, A. I., & Zulaikha, S. R. (2023). Dengan menggunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS), analisis kepuasan siswa terhadap aplikasi iPusnas dilakukan.Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 7(2), 175–188. https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.175-18

Linawati, Anastasia. (2021). iPusnas dan Indonesia One Search (IOS) sebagai solusi digital untuk kebutuhan informasi. Perpustakaan Nasional RI. https://www.perpusnas.go.id/berita/ipusnas-dan-indonesia-one-search-(ios),-solusi-digital-kebutuhan-informasimuMubarok, R. (2021). Perpustakaan Digital Sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh. Al-Rabwah, 15(01), 17–25. https://doi.org/10.55799/jalr.v15i01.72

Permatasari, C. Y., & Syafryadin, S. (2023). Persepsi mahasiswa EFL terhadap penggunaan aplikasi iPusnas dalam mencari sumber untuk penulisan akademik bahasa Inggris. Edu-Ling: Journal of English Education and Linguistics, 6(2), 192–204. https://doi.org/10.32663/edu-ling.v6i2.3339

Pradana, M. R., & Nuryuliani. (2023). Redesain aplikasi iPusnas menggunakan metode User Centered Design. International Journal Science and Technology, 2(1), 73–79. https://doi.org/10.56127/ijst.v2i1.866

Taristya, K., Putri, P. P. N., Haryanti, P., & Ginting, R. T. (2022). Pemanfaatan aplikasi mobile library iPusnas pada perpustakaan. Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi (JIPUS), 2(2).Vuong, T., & Ruotsalo, T. (2024). Predicting Representations of Information Needs from Digital Activity Context. ACM Transactions on Information Systems, 42(4), 1–29. https://doi.org/10.1145/3639819

Wicaksono Pustakawan Perpustakaan Nasional, A. (2022). Pengembangan dan Pemanfataan iPusnas untuk Masyarakat di era Milenia.Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia, 7(1), 49–53.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i2.4638

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF – 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elsa Karenina Gulo, Muslih Fathurrahman

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License