VISUALISASI TEKNIK ANIMASI 3D SEBAGAI DAYA TARIK PROMOSI DESAIN INTERIOR DAN EKSTERIOR PADA PEMASARAN PERUMAHAN

Azra Aaliya

Abstract


Abstrak

Media promosi dengan strategi penjualan yang bermacam-macam kini telah banyak dibuat oleh pihak pemasaran lainnya. Media promosi memiliki strategi penjualan yang berdeda - beda sesuai dengan prosedur perusahaan masing - masing, tetapi semuanya memiliki satu tujuan yaitu untuk menyampaikan pesan dari sebuah produk kepada masyarakat atau calon konsumen tentang makna, tujuan serta keunggulan dari produk tersebut. Di perusahaan PT. Rapy Ray Putratama khususnya divisi Ray Developer selama ini media promosi hanya menggunakan media cetak seperti brosur. Untuk itu, dengan adanya media promosi visualisasi animasi ini media promosi bagi Ray Developer menjadi lebih efektif dan praktis sehingga calon konsumen dapat memahami pesan yang terdapat dari visualisasi animasi tersebut. Software yang digunakan untuk membuat visualisasi animasi ini yaitu AutoCad, SketchUp, 3D Max, Adobe After Effect, dan Adobe Premiere.


Full Text:

PDF

References


Erik Slamet. 2020. SketchUp Solid Tools dan Sandbox pada Desain dan Pemodelan Bangunan. CV. Multimedia Edukasi: https://www.google.co.id/books/edition/SketchUp_Solid_Tools_dan_Sandbox_pada.

Gunanto dan Joko Pramono. 2021. Gambar Teknik Manufaktur SMK/MAK Kelas XII. Program Keahlian

Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan. Penerbit Andi: https://www.google.co.id/books/edition/Gambar_Teknik_Manufaktur_SMK_MAK_Kelas.

Jubilee Enterprise. 2018. Adobe After Effects Komplet. Alex Media Komputindo: https://www.google.co.id/books/edition/Adobe_After_Effects_Komplet.

Jubilee Enterprise. 2019. Adobe Premiere Pro dan CC untuk Pemula. Alex Media Komputindo:https://www.google.co.id/books/edition/Adobe_Premiere_Pro_dan_CC_untuk_Pemula.

Jubilee Enterprise. 2020. Dasar-Dasar Animasi Komputer. Alex Media Komputindo: https:// www.google.co.id/books/edition/Dasar_Dasar_Animasi_Komputer.

Karuniawan Royani. 2021. Pembuatan Film Animasi 3D Pendek Dengan Tekik Rotoscoping Berjudul Sewaktu – waktu. Surabaya: Jurnal Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Dinamika.

Kresna Virgitta Permana. 2020. Bahan Ajar Desain Interior Teori dan Praktik. UNJ Press: https://www.google.co.id/books/edition/DESAIN_INTERIOR.

Mamba’ul Ulum. 2022. Media Pembelajaran Karton Bekas Snack Untuk Meningkatkan Visu alisasi, Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Penerbit P4I: https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Karton_Bekas_Snack.

Maman Hilman dan Nugraha Kusuma N. 2022. Pengembangan Produk Unggulan Perdesaan Belajar Dari Usaha Komunitas Ekonomi Kreatif Desa Pusakasari Kabupaten Ciamis. Cemerlang Indonesia:https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Produk_Unggulan_Perdesa.

Muh dan Eli Brahim. 2021. Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK/MAK Kelas XI Semester 1. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan. Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Penerbit Andi: https://www.google.co.id/books/edition/Produk_Kreatif_dan_Kewirausahaan_Akuntan.

Muhammad Dedi Irawan. 2022. Flowchart dan Pseudo-Code: Implementasi Notasi Algorit ma dan Pemrograman. Media Sains Indonesia: https://www.google.co.id/books/edition/Flowchart_dan_Pseudo_Code_Implementas.

Nadila Julinda. 2021. Implementasi Video Animasi Kartun Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Seberang Musi Kabupaten Kepahiang. Bengkulu: Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Tadris.

Ramen A Purba, dkk. 2020. Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis: https://www.goo gle.co.id/books/edition/Teknologi_Pendidikan.

Rio Manullang. 2019. Aplikasi Google SketchUp untuk Desain 3 Dimensi. Alex Media Kom putindo:https://www.google.co.id/books/edition/Aplikasi_Google_SketchUp_untuk_Desain. Nana. 2019. Pengembangan Bahan Ajar. Lakeisha: https://www.google.co.id/books/edition /PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.

Siwi Widi Asmoro dan Joko Pramono. 2021. Animasi 2D dan 3D SMK/MAK Kelas XI. Kompetensi Keahlian Multimedia. Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Andi:https://www.google.co.id/books/edition/Animasi_2D_dan_3D_SMK_MAK_Kelas.

Thoat Khoirudin dan Murinto. 2018. Visualisasi 3 Dimensi Perumahan Sebagai Media Informasi Pemasaran. Yogyakarta: Jurnal Fakultas Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan.

Wahyu Fery Setiadi. 2018. Perancangan Interior Rumah Lanjut Usia Di Kabupaten Klaten. Surakarta: Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta.

Yandry D.R. Rory. 2021. Pemanfaatan Perangkat Lunak AutoCAD untuk Pembuatan Peta Dasar Pendaftaran di kabupaten Minahasa. Minahasa: Jurnal Universitas Bhumibhakti Adhiguna.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i2.4507

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF – 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Azra Aaliya

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License