SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BARANG BANTUAN BENCANA BERBASIS WEB STUDI KASUS DINAS SOSIAL KABUPATEN SUBANG

Bagus Ali Akbar

Abstract


Dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2013 Tentang Bantuan Sosial Bagi Korban Bencana, disebutkan bahwa Dinas Sosial setiap daerah bertanggung jawab dalam penanggulangan bencana di daerahnya dengan menyediakan dukungan sarana dan prasarana, termasuk pengelolaan barang bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana. Untuk merancang Sistem Informasi Pengelolaan Barang Bantuan Bencana, penulis telah bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Subang untuk melakukan observasi dan wawancara guna memahami kebutuhan sistem yang akan dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Rational Unified Process (RUP), sedangkan dalam pembuatan modelnya menggunakan Unified Modeling Language (UML). Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan Framework CodeIgniter versi 4. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi yang efisien dan efektif dalam pengelolaan barang bantuan bencana, yang dapat membantu Dinas Sosial dalam menangani bencana dengan lebih baik. Metode penelitian RUP dipilih karena memungkinkan pengembangan yang terstruktur dan terdokumentasi dengan baik. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi dan dapat mengelola dengan baik data mengenai barang bantuan bencana. Dengan adanya sistem ini, diharapkan proses penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana dapat menjadi lebih cepat, efisien, dan transparan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode RUP dalam pengembangan sistem informasi pengelolaan barang bantuan bencana dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kinerja dan responsibilitas Dinas Sosial dalam menangani bencana. Sistem informasi yang dikembangkan dapat menjadi alat yang efektif dalam memfasilitasi proses penanggulangan bencana di tingkat daerah.


Full Text:

PDF

References


Aleryani, A., & Aleryani, A. Y. (2016). Comparative Study between Data Flow Diagram and Use Case Diagram. International Journal of Scientific and Research Publications, 6(3), 124. www.ijsrp.org

Chandra, T. (2013). Evaluasi User Interface Desain Sistem Informasi Perpustakaan Pada Perguruan Husni Thamrin Medan. Jurnal TIMES, 2(2).

Dewi, L. P., Indahyanti, U., & Hari S, Y. (2012). PEMODELAN PROSES BISNIS MENGGUNAKAN ACTIVITY DIAGRAM UML DAN BPMN (STUDI KASUS FRS ONLINE). Scientific Repository, 3, 1–9.

Dwi Wijaya, Y., & Wardah Astuti, M. (2021). Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4.

Endang Anjarwani, S., Afwani, R., & Perwitasari, R. (2020). PENERAPAN METODE RATIONAL UNIFIED PROCESS (RUP) DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MEDICAL CHECK UP PADA CITRA MEDICAL CENTRE. JTIKA, 2(1), 76–88. http://jtika.if.unram.ac.id/index.php/JTIKA/

Kruchten, P. (2003). THE RATIONAL UNIFIED PROCESS AN INTRODUCTION THIRD EDITION. www.awprofessional.com/otseries.

Mahara, R., & Majid, B. A. (2018). Perancangan Interface Aplikasi E-Skripsi Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 141–145.

Mahendra, R., Apriani, F., & Zulfiani, D. (2023). Pengelolaan Pasar oleh Badan Usaha Milik Desa Kelinjau Ulu Kecamatan Muara Ancalong. EJournal Administrasi Publik, 2023(1), 113–125.

Mcgill, M. J., Purchase, H. C., Colpoys, L., Mcgill, M., Carrington, D., & Britton, C. (2001). UML Class Diagram Syntax: An Empirical Study of Comprehension. Conference Papaer. https://www.researchgate.net/publication/221536273

Novian, C., Idah, Y. M., & Rifai, Z. (2022). Pemodelan Proses Bisnis Pengadaan Barang (Stok) Menggunakan Pendekatan Business Process Modelling Notation (BPMN) (Studi Kasus: SHM Motor Purwokerto). Journal of Information System Management (JOISM) e-ISSN, 3(2), 2715–3088.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Penyaluran Belanja Bantuan Sosial. (n.d.).

Suhartini, Sadali, M., & Kuspandi Putra, Y. (2020). Sistem Informasi Berbasis Web SMA Al-Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis PHP Dan MySQL Dengan Framework Codeigniter. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 3(1), 79–83.

Zahra, A. L., Tiara, S., Ada, R., Aisyah, R., Fitri, S., & Wati, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi E-learning Berbasis Web di MI Narrative Quran. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Robotika, 4(1), 33–43.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i2.4387

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF – 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bagus Ali Akbar

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License