SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB DI MDTA AL-KAUTSAR DI KELAPAPATI

Annisa Aulia, gina okta rahmadani, alya yunita, Mentari Tri Indah Rahmayani

Abstract


MDTA Al-Kautsar di Kelapapati Bengkalis merupakan sekolah yang masih melakukan pembayaran SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) secara manual. Hal ini kurang efektif dan berpotensi menimbulkan kesalahan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem informasi pembayaran SPP berbasis web. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Sistem ini memudahkan petugas administrasi merekam dan melaporkan pembayaran SPP. Selain itu, orang tua/wali murid dapat memeriksa tagihan SPP dan riwayat pembayaran secara online. Dengan adanya sistem informasi pembayaran SPP berbasis web ini, proses administrasi pembayaran SPP di MDTA Al-Kautsar Kelapapati Bengkalis menjadi lebih efektif dan efisien. MDTA Al-Kautsar di Kelapapati Bengkalis saat ini masih melakukan pembayaran SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) secara manual yaitu pencatatan pembayaran masih dicatat di buku besar dan laporan dilakukan secara berkala setiap bulannya. Hal ini dirasa kurang efektif dan berpotensi terjadi kesalahan serta ketidakakuratan data. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah sistem informasi pembayaran SPP berbasis web guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses administrasi pembayaran SPP.Sistem informasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Beberapa fitur utama yang ada pada sistem yaitu pendataan siswa, pengelolaan petugas administrasi, pengelolaan kelas, pencatatan tagihan SPP per siswa, entri dan pelaporan pembayaran SPP, dan fasilitas untuk orang tua/wali murid memeriksa tagihan dan riwayat pembayaran SPP anaknya secara online.Dengan sistem informasi pembayaran SPP berbasis web ini, proses administrasi dan pencatatan pembayaran menjadi lebih cepat, akurat dan dapat dilakukan secara real-time. Laporan pembayaran SPP juga dapat dengan mudah dihasilkan setiap saat. Diharapkan sistem ini dapat memberi kemudahan bagi petugas administrasi serta kepuasan kepada orang tua/wali murid di MDTA Al-Kautsar Kelapapati Bengkalis.

 


Keywords


sistem informasi, pembayaran SPP, web, MDTA Al-Kautsar, efektif, efisien

Full Text:

PDF

References


fatta, h. a. (2007). analisis perancangan sistem informasi. andi offset .

hasanah, h. (2017). teknik teknik observasi(sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif inlu ilmu sosial). at-taqaddum 8 no 1, 21.

jogianto. (2005). pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. kanalisis dan design sistem informasi.

kadir, a. (2014). from zero to a pro-PHP. andi offset yogyakarta.

kadir, a. (2014). pengenalan sistem informasi edisi refisi. andi.

Rosa A.S, M. S. (2016). rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek. informatika bandung.

rosyadi, a. i. (2017). pemerograman web PHP dan MySQL. media kom yogyakarta.

sari, m. a. (2020). penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan ipa. natural scince 6, no 1, 53.

Wardani, N. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP berbasis Web. TEKNOIF Vol. 7 No. 1.

widjajarto, k. s. (2001). sistem informasi akuntansi. selemba empat jakarta.

Rafika, D., & Rahmayani, M. T. I. (n.d.). Rancang Bangun Sistem Informasi Pembayaran Zakat Pada Kabupaten Bengkalis. 22.

Restu, R., Ramadhan, R., & Rahmayani, M. T. I. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAN USTADZ MIL STAIN BENGKALIS. Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi, 4(1), 195–206. https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i1.3349




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i2.3894

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF – 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Annisa Aulia, gina okta rahmadani, alya yunita, Mentari Tri Indah Rahmayani

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Journal of Information Tecnology Research

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License