IMPLEMENTASI METODE BUSINNES TO BUSINNES DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN PADA PT ASAHI SIBOLGA

Indra Uli Saputra Purba, Boni Oktaviani Sembiring, Eka Rahayu

Abstract


Penjualan ikan merupakan salah satu kegiatan bisnis yang telah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Ikan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat berlimpah di Indonesia, sehingga menjadi salah satu bahan pangan yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, ikan juga memiliki nilai gizi yang tinggi dan rendah lemak, sehingga banyak diminati oleh masyarakat yang peduli akan kesehatan. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang distributor ikan yaitu perusahan Asahi Sibolga, Asahi sibolga merupakan penampung ikan dari nelayan yang telah mereka dapatkan selama berlayar kemudian dijual keperusahaan tersebut. Kemudian  perusahaan tersebut akan menjual ikan yang telah di beli dari nelayan disalurkan ke kota seperti ke pasar tradisonal maupun swalayan yang di kota khususnya kota medan. Namun, perusahaan ikan juga harus memperhatikan masalah kebijakan dan regulasi yang berlaku dalam industri perikanan. Hal ini meliputi persyaratan pengawasan dan pemeriksaan yang ketat dalam hal pengolahan dan penanganan ikan, serta regulasi dalam hal lingkungan dan sumber daya laut yang harus dipatuhi oleh perusahaan ikan. Hasil penelitian ini Implementasi metode B2B dalam penjualan ikan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kerjasama. Ini memungkinkan kolaborasi yang saling menguntungkan dalam memperluas pasar dan mengoptimalkan distribusi ikan

 

Kata Kunci : Ikan, Penjualan,B2B


Full Text:

PDF

References


Puspa, Mufida Dewi, and Lily Wulandari. 2021. “Analisis Dan Pembuatan Aplikasi E-Commerce Terintegrasi Pada Sistem B2B Dengan Pendekatan System Development Life Cycle ( SDLC ) Untuk Penjualan Produk Transformator.” JUTIS (Jurnal Teknik Informatika Unis) 9 (1): 41–54.

Roihan, Ahmad, Abdul Hamid Arribathi, and Nurussaadah Nurussaadah. 2019. “Desain Aplikasi B2B Sistem Manajemen Pergudangan Dalam Penunjang Keputusan Bisnis.” CCIT Journal 12 (1): 33–40. https://doi.org/10.33050/ccit.v12i1.598.

Nuristiqomah, Rahmadina Puspa, and Yeni Anistyasari. 2021. “Pengembangan Kamus Istilah Basis Data Berbasis Website Menggunakan Algoritma Cosine Similarity Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal IT-EDU 05(02): 621–30.

Prahasti, Sapri, and Feri Hari Utami. 2022. “Aplikasi Pelayanan Antrian Pasien Menggunakan Metode FCFS Menggunakan PHP Dan MySQL.” Jurnal Media Infotama 18(1): 153–60.

Vincent, Kusuma Imanuel, Suwitno, Wijaya Andri, and Maranto Ardiane Rossi Kurniawan. 2021. “Perancangan Sistem Informasi B2B Berbasis Web Pada Industri Karoseri Dengan Pendekatan Tam (Technology Acceptance Model).” Perancangan Sistem Informasi B2B Berbasis Web Pada Industri Karoseri Dengan Pendekatan Tam (Technology Acceptance Model) 2 (2): 25.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i2.3877

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF – 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indra Uli Saputra Purba, Boni Oktaviani Sembiring, Eka Rahayu

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Journal of Information Tecnology Research

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License