SISTEM REKOMENDASI WEDDING ORGANIZER MENGGUNAKAN METODE COLLABORATIVE FILTERING BERBASIS WEB

Dandy Kurniawan, Boni Oktaviani Sembiring, Eka Rahayu

Abstract


Wedding Organizer merupakan suatu jasa khusus yang secara perorangan dapat membantu calon pengantin dan keluarga dalam melakukan perancanaan dan pelaksanaan rangkaian acara  pesta pernikahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Wedding Organizer membantu memberikan informasi mengenai berbagai macam yang berhubungan  dengan acara pernikahan diantaranya catering service, tata rias dan busana, florist dan  dekorasi, gedung, photography, dan video shooting, mc dan hiburan serta undangan  dan souvenir yang dibutuhkan dalam pernikahan   Salah satu metode yang membahas tentang sistem rekomendasi yaitu metode collaborative filtering. Metode collaborative filtering diartikan sebagai suatu proses penyaringan atau pengevaluasian item menggunakan pendapat orang lain. Collaborative filtering dapat melakukan penyaringan data berdasarkan kemiripan karakteristik user sehingga mampu memberikan informasi yang baru kepada user karena sistem memberikan informasi berdasarkan pola satu kelompok User  yang hampir sama. Untuk mengatasi permasalahan diatas yaitu salah satunya dengan suatu mekanisme yang dapat menyaring dan memberikan suatu informasi atau  rekomendasi sesuai dengan selera user berdasarkan rating atau review dari user  sebelumnya yang mempunyai selera yang sama (user-neighbor). Mekanisme ini dikenal sebagai sistem rekomendasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Metode Collaborative Filtering mampu menganalisis preferensi pengguna dan memberikan rekomendasi berdasarkan kesamaan dengan pengguna lain, sehingga dapat meningkatkan akurasi dan relevansi rekomendasi yang diberikan.

Kata Kunci : Collaborative Filltering,Wedding Organaizer, Internet


Full Text:

PDF

References


Aman, Mustar, and Suroso. 2021. “Pengembangan Sistem Informasi Wedding Organizer Menggunakan Pendekatan Sistem Berorientasi Objek Pada CV Pesta.” Jurnal Janitra Informatika Dan Sistem Informasi 1 (1): 47–60. https://doi.org/10.25008/janitra.v1i1.119.

Hari Murti, Endang Lestariningsih, S. (2019). PERANCANGAN SISTEM REKOMENDASI BUKU PADA KATALOG PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTENT-BASED FILTERING DAN ALGORITMA FP-GROWTH. 532–536.

Ginanjar, Haris, and Ridwan Setiawan. n.d. “PerancanganAplikasi Wedding Organizer Berbasis Android,” no. 1: 155–62.

Hari Murti, Endang Lestariningsih, Sugiyamta. 2019. “PERANCANGAN SISTEM REKOMENDASI BUKU PADA KATALOG PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTENT-BASED FILTERING DAN ALGORITMA FP-GROWTH,” 532–36.

Wijaya, Anderias Eko, and Deni Alfian. 2018. “Sistem Rekomendasi Laptop Menggunakan Collaborative Filtering Dan Content-Based Filtering.” Jurnal Computech & Bisnis 12 (1): 11–27.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i2.3870

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF – 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dandy Kurniawan, Boni Oktaviani Sembiring, Eka Rahayu

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Journal of Information Tecnology Research

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License