ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN
Abstract
Customer Relationship Management (CRM) merupakan faktor kunci dalam keberhasilan strategi pemasaran dan pertumbuhan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan melalui implementasi CRM. Penelitian ini menggunakan metode System Literature Review (SLR). Penggunaan metode SLR ini bertujuan untuk melakukan identifikasi, mengkaji, dan mengevaluasi penelitian sebelumnya dengan bidang topik tertentu yang menyajikan pertanyaan terhadap penelitian yang relevan. Dengan menggunakan metode SLR maka peneliti dapat mereview dan mengidentifikasi jurnal secara sistematis. Diharapkan hasil analisis akan menunjukkan kejelasan akan wawasan yang diberikan bagi perusahaan dalam meningkatkan implementasi CRM untuk memaksimalkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hal inilah yang mendasari penelitian untuk dapat mengetahui apa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Maka dari itu, hasil analisis ini didapatkan bahwa dengan memperhatikan kualitas layanan, personalisasi, responsivitas, kepercayaan, dan komunikasi yang efektif, perusahaan dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan mereka, dan membangun loyalitas jangka panjang.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i2.3406
Article Metrics
Abstract view : 304 timesPDF – 482 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Zahrah Aliyah Rachman
DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783Â Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License