ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN

Zahrah Aliyah Rachman, Saiful Adi Putra, Rafi Argya Darma Herdiyanto, Ayu Lintang Pratiwi

Abstract


Customer Relationship Management (CRM) merupakan faktor kunci dalam keberhasilan strategi pemasaran dan pertumbuhan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan melalui implementasi CRM. Penelitian ini menggunakan metode System Literature Review (SLR). Penggunaan metode SLR ini bertujuan untuk melakukan identifikasi, mengkaji, dan mengevaluasi penelitian sebelumnya dengan bidang topik tertentu yang menyajikan pertanyaan terhadap penelitian yang relevan. Dengan menggunakan metode SLR maka peneliti dapat mereview dan mengidentifikasi jurnal secara sistematis. Diharapkan hasil analisis akan menunjukkan kejelasan akan wawasan yang diberikan bagi perusahaan dalam meningkatkan implementasi CRM untuk memaksimalkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hal inilah yang mendasari penelitian untuk dapat mengetahui apa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Maka dari itu, hasil analisis ini didapatkan bahwa dengan memperhatikan kualitas layanan, personalisasi, responsivitas, kepercayaan, dan komunikasi yang efektif, perusahaan dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan mereka, dan membangun loyalitas jangka panjang.



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i2.3406

Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF – 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zahrah Aliyah Rachman

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License