PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAN USTADZ MIL STAIN BENGKALIS

Rio Restu, Rizky Ramadhan, Mentari Tri Indah Rahmayani

Abstract


Perpustakaan adalah salah satu institusi penting dalam dunia pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Namun, pengelolaan perpustakaan yang efisien dan efektif sering kali menjadi tantangan bagi para pustakawan. Oleh karena itu, perancangan sistem informasi perpustakaan yang terintegrasi menjadi sangat penting untuk mempermudah proses pengelolaan dan akses informasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi perpustakaan yang komprehensif dan mudah digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi literatur, pengumpulan kebutuhan pengguna, analisis kebutuhan sistem, perancangan arsitektur sistem, dan implementasi prototipe. Sistem informasi perpustakaan yang di rancang mencakup beberapamodul penting, antara lain:Manajemen Koleksi, pencarian dan Peminjaman, Manajemen Anggota. Sistem informasi perpustakaan yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan perpustakaan. Dengan adanya sistem ini, diharapkan akses informasi menjadi lebih cepat dan mudah bagi pengguna perpustakaan. Selain itu, pengelola perpustakaan juga akan mendapatkan manfaat dari kemampuan sistem untuk menghasilkan laporan dan statistik yang berguna dalam meningkatkan layanan perpustakaan. Penggunaan untuk metode pada sistem ini adalah memenggunakan metode pengembangan perangkat lunak System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall.


Full Text:

PDF

References


Aplikasi Perpustakaan Berbasis Dekstop. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 8(3), 341-352.

Dariyanto, D. (2020). APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS DESKTOP PADA SMK KARTIKATAMA 1 METRO (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).

Hasyidiki, M. Hasbi (2018). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Desktop Pada SMK Negeri 1 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. RUBSI AMIK BSI Pontianak.

Ibnu Sa’ad. M & Dr. Pratiwi, H. (2019). Membuat Aplikasi Menggunakan Database MySQL & Java Netbeans 8.2: Mengenal Java & Netbeans. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Mailasari, M., & Sikumbang, E. D. (2019). Metode Waterfall Dalam Implementasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Dekstop. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 8(3), 341-352.

Nugroho. H., Farizqiyati. N. (2022). Sistem Informasi Peminjaman Buku Perpustakaan Berbasis Desktop. Prosiding Seminar Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Vol 1(1) Tahun 2022.

Panjaitan, R. Y., Suparyo, H. V., & Sunarmintyastuti, L. (2020). Perancangan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Desktop di SMP Negeri 01 Citeureup. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(01).

Panjaitan, R. Y., Suparyo, H. V., & Sunarmintyastuti, L. (2020). Perancangan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Desktop di SMP Negeri 01 Citeureup. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(01), 17-23.

Rahmah, S. A., Syahputra, E. R., & Rezeki, S. M. (2022). Sistem Perancangan E-Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, 6(2), 231-236.

Sanjaya, D. R., Lesmana, C., & Puspitasari, H. (2022). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Desktop Pada SMA Negeri 1 Samalantan Kabupaten Bengkayang. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3053-3066.

Sriyanto, S. (2011). Perancangan Perpustakaan Digital Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Menggunakan Php Dan Mysql (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya).




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i1.3349

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF – 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rio Restu, Rizky Ramadhan, Mentari Tri Indah Rahmayani

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Journal of Information Tecnology Research

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License